BRANDING KEMASAN UNTUK PATTY BELUT INOVASI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MAKANAN POPULER BERBAHAN KOMODITAS LOKAL

DWI SIWI, DESIYANTI (2024) BRANDING KEMASAN UNTUK PATTY BELUT INOVASI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MAKANAN POPULER BERBAHAN KOMODITAS LOKAL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of BRANDING KEMASAN UNTUK PATTY BELUT INOVASI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MAKANAN POPULER BERBAHAN KOMODITAS LOKAL] Text (BRANDING KEMASAN UNTUK PATTY BELUT INOVASI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MAKANAN POPULER BERBAHAN KOMODITAS LOKAL)
Desiyanti_Dwi_Siwi_21710010_Laporan_TA_Branding_bab_1_4_REVISI_FORMAT (NEW)-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (448kB)

Abstract

ABSTRACT
As time goes by, not only technology but food has become more diverse in taste,
shape, and texture. Burgers are a trendy food among people, generally, the filling
for burgers is a beef patty or chicken, and some even use patties made from fish.
Therefore, in this research, an eel-based burger patty product innovation was carried
out with the name Crunchy Eel Burger and the Local Innovation trademark. This
research aims to determine the shape, color, material, typography, and composition
of visual branding and public acceptance of packaging branding. The method used
is descriptive qualitative with data collection techniques through observation and
questionnaires via Google Forms to determine the acceptability of packaging and
data processing via STP. The final stage, namely the conclusion, produces a
packaging design that has been created to provide a clear identity through the logo
and packaging.
Keywords: Burger, Patty, Eel, Branding.
ABSTRAK
Semakin lama zaman semakin berkembang, tidak hanya teknologi tetapi makanan
sudah banyak beraneka ragam dari rasa, bentuk, dan tekstur. Burger merupakan
makanan yang sangat popular dikalangan masyarakat, pada umumnya isian burger
yaitu patty daging sapi, daging ayam, bahkan sudah ada yang menggunakan patty
dengan bahan dasar ikan. Maka dari itu, pada penelitian ini dilakukan inovasi
produk patty burger berbahan dasar belut dengan nama produk Crunchy Eel Burger
dan merek dagang Lokal Inovasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bentuk, warna, bahan, typografi, dan komposisi pada visual branding serta daya
terima masyarakat terhadap branding kemasan. Metode yang digunakan yaitu
kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan
kuesioner melalui google form untuk mengetahui daya terima kemasan dan
pengolahan data melalui STP. Tahapan terakhir yaitu kesimpulan menghasilkan
perancangan desain kemasan yang telah dibuat memberikan identitas yang jelas
melalui logo dan kemasan.
Kata Kunci: Burger, Patty, Belut, Branding.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Angga Dwi Firmanto, S.Si., MT sebagai pembimbing 1 pada Tugas Akhir. Akhamd Guntawan, S.S., M.Pd. sebagai pembimbing 2 pada Tugas Akhir
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Pariwisata > Program Studi Seni Kuliner
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:16
Last Modified: 14 Feb 2025 07:16
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item
View Item