PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY PENGENALAN PAHLAWAN DALAM UANG KERTAS RUPIAH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

Hasbi Zuhdi, Nazwan (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY PENGENALAN PAHLAWAN DALAM UANG KERTAS RUPIAH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY PENGENALAN PAHLAWAN DALAM UANG KERTAS RUPIAH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY PENGENALAN PAHLAWAN DALAM UANG KERTAS RUPIAH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID)
Laporan_Tugas_Akhir_Nazwan_Hasbi_21240100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (545kB)

Abstract

ABSTRAK
The introduction of national heroes on modern Indonesian banknotes is important to instill historical values to elementary school students. However, conventional learning methods are often less interesting so that students' interest in history is low. This research aims to design an Android-based Virtual Reality (VR) application as an immersive learning media to introduce heroes on Rupiah banknotes. This application is designed using the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method with 3D visualization features, audio, and immersive historical information. The results are expected to increase students' interest and understanding of national heroes through a more enjoyable learning experience.
Keywords: Android, Learning Media, National Heroes, Virtual Reality.

Pengenalan pahlawan nasional pada uang kertas modern Indonesia penting untuk menanamkan nilai sejarah kepada siswa sekolah dasar. Namun, metode pembelajaran konvensional sering kurang menarik sehingga minat siswa terhadap sejarah rendah. Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi Virtual Reality (VR) berbasis Android sebagai media pembelajaran imersif untuk mengenalkan pahlawan pada uang kertas Rupiah. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan fitur visualisasi 3D, audio, dan informasi sejarah yang imersif. Hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap pahlawan nasional melalui pengalaman belajar yang lebih menyenangkan.
Kata Kunci: Android, Media Pembelajaran, Pahlawan Nasional, Virtual Reality.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sari Setyaning Tyas., M.TI. Sebagai Pembimbing 1 2. Sanjaya Pinem, S.Kom., M.Sc. Sebagai Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Keywords: Android, Learning Media, National Heroes, Virtual Reality. Kata Kunci: Android, Media Pembelajaran, Pahlawan Nasional, Virtual Reality.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Nazwan Hasbi Zuhdi
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:19
Last Modified: 14 Aug 2025 07:19
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1581

Actions (login required)

View Item
View Item