Pengembangan Game Edukasi "Liberation: Rise Of Nusantara" Sebagai Literasi Sejarah Rakyat Indonesia Terhadap Kolonial Belanda Di Indonesia

Saputra, Aditya (2025) Pengembangan Game Edukasi "Liberation: Rise Of Nusantara" Sebagai Literasi Sejarah Rakyat Indonesia Terhadap Kolonial Belanda Di Indonesia. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pengembangan Game Edukasi "Liberation: Rise Of Nusantara" Sebagai Literasi Sejarah Rakyat Indonesia Terhadap Kolonial Belanda Di Indonesia] Text (Pengembangan Game Edukasi "Liberation: Rise Of Nusantara" Sebagai Literasi Sejarah Rakyat Indonesia Terhadap Kolonial Belanda Di Indonesia)
Tugas akhir Aditya Saputra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Penjajahan Belanda, yang berlangsung dari era Vereenigde Oostindische
Compagnie (VOC) hingga masa Hindia Belanda, merupakan salah satu periode
penting dalam sejarah Indonesia yang ditandai oleh berbagai bentuk perlawanan
rakyat terhadap eksploitasi kolonial. Sayangnya, pemahaman siswa terhadap
sejarah nasional masih rendah, salah satunya disebabkan oleh metode pembelajaran
yang cenderung monoton dan kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan Liberation: Rise of Nusantara, sebuah game edukasi bergenre
Tower Offense yang dirancang sebagai media pembelajaran sejarah yang menarik
dan menyenangkan. Proses pengembangan game ini menggunakan pendekatan
Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari tahapan inisiasi, pra
produksi, produksi, pengujian, hingga rilis. Game ini mengangkat lima peristiwa
penting dalam sejarah perlawanan rakyat Indonesia terhadap kolonialisme Belanda,
yaitu: Pertempuran Batavia (1628), Perang Ambon (1817), Perang Padri (1821
1837), Perang Jawa (1825–1830), dan Perang Aceh (1873–1904). Diharapkan game
ini dapat menjadi inovasi media pembelajaran sejarah yang efektif dalam
meningkatkan literasi sejarah dan nasionalisme siswa Sekolah Menengah Pertama
(SMP).
Kata kunci: game edukasi, kolonialisme Belanda, literasi sejarah, pengembangan
game, Tower Offense

ABSTRACT
Dutch colonization, which lasted from the era of the Vereenigde Oostindische
Compagnie (VOC) to the Dutch East Indies period, was an important period in
Indonesian history marked by various forms of popular resistance against colonial
exploitation. Unfortunately, students' understanding of national history is still low,
partly due to teaching methods that tend to be monotonous and lack interactivity.
This study aims to develop Liberation: Rise of Nusantara, an educational game in
the Tower Offense genre designed as an engaging and enjoyable medium for
learning history. The game's development process employs the Game Development
Life Cycle (GDLC) approach, which includes the stages of initiation, pre
production, production, testing, and release. The game highlights five significant
events in the history of Indonesia's popular resistance against Dutch colonialism:
The Battle of Batavia (1628), the Ambon War (1817), the Padri War (1821–1837),
the Java War (1825–1830), and the Aceh War (1873–1904). It is hoped that this
game can serve as an innovative educational tool for enhancing historical literacy
and nationalism among junior high school students.
Keywords: educational game, Dutch colonialism, historical literacy, Game
development, Tower Offense.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom. Sebagai Pembimbing I 2. Misbakul Munir, M.Pd.I. Sebagai Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: game edukasi, kolonialisme Belanda, literasi sejarah, pengembangan game, Tower Offense Keywords: educational game, Dutch colonialism, historical literacy, Game development, Tower Offense.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 793 Permainan dalam ruangan, hiburan dalam ruangan
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Aditya Saputra
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:28
Last Modified: 11 Sep 2025 02:28
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1661

Actions (login required)

View Item
View Item