APLIKASI AUGMENTED REALITY SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MEMANFAATKAN GENERATOR MODEL 3D BERBANTUAN PLATFORM KECERDASAN BUATAN

Sandra Gianti, Bunga (2025) APLIKASI AUGMENTED REALITY SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MEMANFAATKAN GENERATOR MODEL 3D BERBANTUAN PLATFORM KECERDASAN BUATAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of APLIKASI AUGMENTED REALITY SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MEMANFAATKAN GENERATOR MODEL 3D BERBANTUAN PLATFORM KECERDASAN BUATAN] Text (APLIKASI AUGMENTED REALITY SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MEMANFAATKAN GENERATOR MODEL 3D BERBANTUAN PLATFORM KECERDASAN BUATAN)
APLIKASI AUGMENTED REALITY SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MEMANFAATKAN GENERATOR MODEL 3D BERBANTUAN PLATFORM KECERDASAN BUATAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (977kB)

Abstract

Studi ini membandingkan empat alat AI text-to-3D (Luma AI, Masterpiece X, Meshy, dan Rodin AI) berdasarkan akurasi geometris, kualitas visual, dan kemudahan integrasi dengan AR. Analisis kuantitatif menunjukkan bahwa meskipun Luma AI menghasilkan model dengan detail tinggi, model tersebut memiliki deviasi yang signifikan, sedangkan Meshy AI lebih konsisten untuk model yang lebih sederhana. Evaluasi dari pengguna, yaitu guru SD, menunjukkan preferensi terhadap model asli yang dihasilkan oleh AI karena kejelasan warna, tekstur, dan bentuknya, meskipun model yang terintegrasi mendapat kritik karena ketidak sempurnaan visual. Temuan ini menekankan perlunya optimasi alat AI untuk meningkatkan efektivitas dalam pengajaran dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan alat pembelajaran berbasis AR di masa mendatang.

Kata Kunci: Augmented Reality, Kecerdasan Buatan, Pemodelan 3D, Sistem Pencernaan, Pendidikan

The study compares four AI text-to-3D tools (Luma AI, Masterpiece X, Meshy, and Rodin AI) based on geometric accuracy, visual quality, and ease of integration with AR. Quantitative analysis indicates that while Luma AI produces models with high detail, these models exhibit significant deviation, whereas Meshy AI is more consistent for simpler models. User evaluations from elementary school teachers reveal a preference for the original models generated by AI due to their clarity in color, texture, and shape, although the integrated models were criticized for visual imperfections. These findings highlight the need for optimization of AI tools to enhance pedagogical effectiveness and provide recommendations for the future development of AR-based learning tools.

Keywords: Augmented Reality, Artificial Intelligence, 3D Modeling, Digestive System, Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Hafid Setyo Hadi, M.T, selaku Dosen Pembimbing I Sari Setyaning Tyas, M.Ti, selaku Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Augmented Reality, Kecerdasan Buatan, Pemodelan 3D, Sistem Pencernaan, Pendidikan Keywords: Augmented Reality, Artificial Intelligence, 3D Modeling, Digestive System, Education
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Bunga Sandra Gianti
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:26
Last Modified: 19 Aug 2025 03:26
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item
View Item