Vanessa, Glendy Aldo (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY BERBASIS MOBILE SEBAGAI PENGENALAN BUDAYA BETAWI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY BERBASIS MOBILE SEBAGAI PENGENALAN BUDAYA BETAWI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR [thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY BERBASIS MOBILE SEBAGAI PENGENALAN BUDAYA BETAWI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2025_GLENDY ALDO VANESSA_laporan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (601kB)
Abstract
ABSTRAK
Developing a Virtual Reality (VR)-based application as a learning medium to introduce Betawi culture to elementary school students. With VR technology, the “Kite Anak Betawi” application allows students to get a more optimal and effective learning experience compared to conventional methods. In its development, this application was designed using Unity, Adobe Illustrator, and Blender software, and focuses on introducing Betawi cultural elements such as the Kebaya Traditional House, Ondel-Ondel art, Gambang Kromong musical instruments, and typical foods such as Dodol Betawi. The research was conducted at SDN Srengseng Sawah 07 Pagi by implementing the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method, starting from conceptualization to distribution of the application. It is hoped that this application can be an innovation in learning media to support the preservation of local culture in the modern era.
Keywords : Betawi Culture, Education, Instructional Media, MDLC, Technology, Virtual Reality.
Mengembangkan aplikasi berbasis Virtual Reality (VR) sebagai media pembelajaran untuk memperkenalkan budaya Betawi kepada siswa Sekolah Dasar. Dengan teknologi VR, aplikasi “Kite Anak Betawi” ini memungkinkan siswa mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih optimal dan efektif dibandingkan metode konvensional. Dalam pengembangannya, aplikasi ini dirancang menggunakan software Unity, Adobe Illustrator, dan Blender, dan fokus pada pengenalan elemen budaya Betawi seperti Rumah Adat Kebaya, kesenian Ondel-Ondel, alat musik Gambang Kromong, serta makanan khas seperti Dodol Betawi. Penelitian dilakukan di SDN Srengseng Sawah 07 Pagi dengan menerapkan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle), mulai dari pengonsepan hingga pendistribusian aplikasi. Diharapkan aplikasi ini dapat menjadi inovasi media pembelajaran untuk mendukung pelestarian budaya lokal di era modern.
Kata Kunci : Budaya Betawi, Pendidikan, Media Pembelajaran, MDLC, Teknologi, Virtual Reality.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Yuyun Khairunisa, M.Kom. Sebagai Pembimbing 1 2. Muhamad Ridwan, S.I.Kom, MM. Sebagai Pembimbing 2 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords : Betawi Culture, Education, Instructional Media, MDLC, Technology, Virtual Reality. Kata Kunci : Budaya Betawi, Pendidikan, Media Pembelajaran, MDLC, Teknologi, Virtual Reality. |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Glendy Aldo Vanessa |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:34 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1686 |