Adam, Raihan (2024) RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI GAYASENI KARTUN 2D DENGAN PEMANFAATAN GAMBAR RASTER PADA GAME “KEEPING UP: THE JOURNEY”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI GAYASENI KARTUN 2D DENGAN PEMANFAATAN GAMBAR RASTER PADA GAME “KEEPING UP: THE JOURNEY” [thumbnail of RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI GAYASENI KARTUN 2D DENGAN PEMANFAATAN GAMBAR RASTER PADA GAME “KEEPING UP: THE JOURNEY”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RaihanAdam_20210072_LaporanTA-1-15.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (970kB)
Abstract
This study focuses on the design and implementation of a 2D cartoon art style
utilizing raster images in the game "Keeping Up: The Journey." Video games have
evolved into a significant art form in modern culture, where art style plays a crucial
role in the success and appeal of a game. Through the design thinking methodology,
this study applies the stages of empathy, definition, ideation, prototyping, and
testing to create innovative and consistent visual assets that align with the game's
narrative. The creation process includes initial sketches, digital image conversion,
coloring, and detail adjustments, leveraging the flexibility of raster images for
revisions and quality enhancements. The final outcome of this research is visual
assets that harmoniously support gameplay and narrative, creating an immersive
and engaging game world. This study contributes to the development of video
games, particularly in the areas of art and visual design, and offers a profound and
emotional gaming experience for players. The anticipated benefits of this research
include enhancing the university's reputation as an institution that supports
innovation in gaming, providing insights for developers and researchers, and
improving the gaming experience for players.
Penelitian ini berfokus pada perancangan dan implementasi gaya seni kartun 2D
dengan pemanfaatan gambar raster dalam game "Keeping Up: The Journey". Video
game telah berkembang menjadi salah satu bentuk seni yang signifikan dalam
budaya modern, di mana art style memainkan peran penting dalam kesuksesan dan
daya tarik sebuah game. Melalui metode design thinking, penelitian ini
mengaplikasikan tahapan empati, definisi, ideasi, prototipe, dan pengujian untuk
menciptakan aset visual yang inovatif dan konsisten dengan narasi game. Proses
pembuatan meliputi sketsa awal, digitalisasi gambar, pewarnaan, dan penyesuaian
detail, memanfaatkan fleksibilitas gambar raster untuk revisi dan peningkatan
kualitas. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aset visual yang mendukung
gameplay dan narasi secara harmonis, menciptakan dunia game yang imersif dan
menarik. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan video game,
khususnya dalam aspek seni dan desain visual, serta menawarkan pengalaman
bermain yang mendalam dan emosional bagi pemain. Manfaat yang diharapkan dari
penelitian ini termasuk peningkatan reputasi kampus sebagai institusi yang
mendukung inovasi di bidang game, memberikan wawasan bagi pengembang dan
peneliti, serta meningkatkan pengalaman bermain bagi pemain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Yuyun Khairunisa, M.Kom., Sebagai Pembimbing I. 2. Eka Desy Asgawanti, S.S., M.Pd., Sebagai Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Video Game, Gaya Seni, Design Thinking, Video game, Art style, Design Thinking. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 04:18 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 04:18 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/17 |