PERANCANGAN APLIKASI AGILITY TRAINING BERBASIS GOOGLE VR SDK UNTUK UNIT KEGIATAN MAHASISWA TAEKWONDO DENGAN METODE WATERFALL

Salaisha, Nasywa (2025) PERANCANGAN APLIKASI AGILITY TRAINING BERBASIS GOOGLE VR SDK UNTUK UNIT KEGIATAN MAHASISWA TAEKWONDO DENGAN METODE WATERFALL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI AGILITY TRAINING BERBASIS GOOGLE VR SDK UNTUK UNIT KEGIATAN MAHASISWA TAEKWONDO DENGAN METODE WATERFALL] Text (PERANCANGAN APLIKASI AGILITY TRAINING BERBASIS GOOGLE VR SDK UNTUK UNIT KEGIATAN MAHASISWA TAEKWONDO DENGAN METODE WATERFALL)
PRELIMINARY NASYWA SALAISHA FATIYA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (890kB)

Abstract

Virtual Reality is one form of technological development that can be an opportunity in the world of sports. This study aims to design an agility training application for the Taekwondo Student Activity Unit of the Creative Media State Polytechnic using Virtual Reality technology. This application is designed using Unity software by implementing the Google VR SDK. This study also uses Blender 3D software to design 3D objects that will be implemented. The design method used is the Waterfall method with the stages of Analysis, Design, Implementation, Testing, Maintenance. The results of the design of this Virtual Reality application can be used on Android-based devices.
Keywords: Virtual Reality, Agility, Student Activity Unit, Taekwondo, Unity, Blender 3D, Google VR SDK, Waterfall Method.

Virtual Reality merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi yang dapat menjadi peluang dalam dunia olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi agility training untuk Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo Politeknik Negeri Media Kreatif dengan menggunakan teknologi Virtual Reality. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan perangkat lunak Unity dengan mengaplikasikan Google VR SDK. Dalam penelitian ini juga menggunakan perangkat lunak Blender 3D untuk merancang objek 3D yang akan diimplementasikan. Metode perancangan yang digunakan adalah metode Waterfall dengan tahapan Analisis, Desain, Implementasi, Pengujian, Pemeliharaan. Hasil perancangan aplikasi Virtual Reality ini dapat digunakan pada perangkat berbasis android.
Kata Kunci: Virtual Reality, Agility, Unit Kegiatan Mahasiswa, Taekwondo, Unity, Blender 3D, Google VR SDK, Metode Waterfall

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sari Setyaning Tyas, M.Ti. 2. Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Agility, Student Activity Unit, Taekwondo, Unity, Blender 3D, Google VR SDK, Waterfall Method. Virtual Reality, Agility, Unit Kegiatan Mahasiswa, Taekwondo, Unity, Blender 3D, Google VR SDK, Metode Waterfall
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Nasywa Salaisha Fatiya
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:36
Last Modified: 25 Aug 2025 02:36
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item
View Item