Al Amin, Ridho (2025) REDESIGN ANTARMUKA DAN PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI GOPAY DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![REDESIGN ANTARMUKA DAN PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI GOPAY DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING [thumbnail of REDESIGN ANTARMUKA DAN PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI GOPAY DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RIDHO AL AMIN - SKRIPSI - REDESIGN ANTARMUKA DAN PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI GOPAY DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (903kB)
Abstract
Aplikasi GoPay menghadapi tantangan terkait pengalaman pengguna (UX) dan antarmuka (UI), yang dikonfirmasi oleh keluhan pengguna serta skor User Experience Questionnaire (UEQ) yang rendah pada aspek Daya Tarik dan Kebaruan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang UI/UX aplikasi GoPay dengan menerapkan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahap: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototipe interaktif high-fidelity yang divalidasi melalui usability testing dan evaluasi UEQ lanjutan terhadap 32 responden. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan signifikan pada seluruh aspek, di mana skor Daya Tarik meningkat dari kategori Below Average (1.002) menjadi Excellent (1.839), dan Kebaruan dari Below Average (0.678) menjadi Excellent (1,234). Ini membuktikan bahwa pendekatan Design Thinking efektif dalam meningkatkan kepuasan pengguna.
Kata Kunci: UI/UX, GoPay, Design Thinking, Perancangan Ulang, User Experience Questionnaire (UEQ)
The GoPay application faces challenges related to its user experience (UX) and user interface (UI), confirmed by user complaints and low User Experience Questionnaire (UEQ) scores in Attractiveness and Novelty. This research aims to redesign the GoPay UI/UX by implementing the Design Thinking method, which consists of five stages: Empathize, Define, Ideate, Prototype, and Test. The output of this research is a high-fidelity interactive prototype, validated through usability testing and a follow-up UEQ evaluation with 32 respondents. The test results demonstrate a significant improvement across all aspects, with the Attractiveness score increasing from the Below Average category (1.002) to Excellent (1.839), and Novelty increasing from Below Average (0.678) to Excellent (1,234). This proves that the Design Thinking approach is effective in enhancing user satisfaction.
Keywords: UI/UX, GoPay, Design Thinking, Redesign, User Experience Questionnaire (UEQ)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Nofiandri Setyasmara, M.T., sebagai Dosen Pembimbing I Muhammad Ridwan, S.Kom., M.M., sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | UI/UX, GoPay, Design Thinking, Perancangan Ulang, User Experience Questionnaire (UEQ) UI/UX, GoPay, Design Thinking, Redesign, User Experience Questionnaire (UEQ) |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Ridho Al Amin |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:23 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:23 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1751 |