PERAN ACCOUNT EXECUTIVE DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PT KAYA GLOBAL NETWORK DIVISI KOL NETWORK SOCIETY

Aditya Putra, Muhammad Reza (2025) PERAN ACCOUNT EXECUTIVE DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PT KAYA GLOBAL NETWORK DIVISI KOL NETWORK SOCIETY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PERAN ACCOUNT EXECUTIVE DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PT KAYA GLOBAL NETWORK DIVISI KOL NETWORK SOCIETY] Text (PERAN ACCOUNT EXECUTIVE DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PT KAYA GLOBAL NETWORK DIVISI KOL NETWORK SOCIETY)
LAPORAN_TUGAS_AKHIR_MUHAMMAD_REZA_ADITYA_PUTRA_FIX AJA-1-14 (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

The rise of digital media has transformed how brands communicate with their audiences, with Key Opinion Leaders (KOL) becoming a strategic tool to enhance engagement and brand visibility. PT Kaya Global Network, through its KOL Network Society division, implements this approach but continues to face several challenges, particularly in client data acquisition, negotiation, and coordination with both internal and external parties. This final project analyzes the role of the Account Executive (AE) in increasing clients for PT Kaya Global Network's KOL Network Society division by applying the SOSTAC strategy framework. The author, in carrying out the role as an AE, was responsible for client prospecting, communication, translating briefs, coordinating with internal and external teams, and ensuring that client needs were well executed. Shows that the application of SOSTAC helps the AE carry out these responsibilities more effectively—from growing the client database to increasing the number of active clients. As a result, this project succeeded in expanding the client database by 835 entries and bringing in 7 new active clients who collaborated with the company, while also contributing positively to the company’s KOL/Influencer Marketing planning.
Keywords : Account Executive (AE), SOSTAC, Account Executive’s Role.KOL/Influencer Marketing.

Di era digital saat ini, pemasaran melaui Key Opinion Leader (KOL) menjadi salah satu langkah untuk para brand/perusahaan memperluas jaringanya dalam membangun hubungan yang baik terhadap audiens. PT Kaya Global Network melalui divisi KOL Network Society menjalankan langkah ini, namun masih mendapatkan tantangan dalam pencarian data klien, negosiasi dan koordinasi terhadap pihak internal dan juga eksternal perusahaan. Penulis melakukan tugas akhir dengan analisis peran Account Executive (AE) dalam meningkatkan klien PT Kaya Global Network divisi KOL Network Society dengan menerapkan analisis SOSTAC. Penulis dalam melakukan peranya sebagai Account Executive (AE) bertugas untuk mencari data klien, berkomunikasi, menerjemahkan brief, koordinasi terhadap pihak internal dan eksternal perusahaan serta memastikan kebutuhan klien berjalan dengan baik. Penerapan analisis SOSTAC dapat membantu Account Executive (AE) dalam menjalankan peranya dari meningkatkan database perusahaan klien hingga meningkatkan jumlah klien perusahaan. Hasil dari penulisan ini adalah meningkatkan database perusahaan klien sebanyak 835 data klien serta meningkatkan jumlah klien sebanyak 7 klien yang bekerjasama dengan perusahaan serta mampu memberikan kontribusi yang baik dalam perencanaan KOL/Influencer Marketing perusahaan ini.
Kata Kunci : Account Executive (AE), SOSTAC, Peran Account Executive (AE), KOL/Influencer Marketing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dr. Tipri Rose Kartika, M.M, Sebagai Dosen Pembimbing I ; 2. Firda Nida Fauziyyah, S.I.Kom Sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Keywords : Account Executive (AE), SOSTAC, Account Executive’s Role, KOL/Influencer Marketing. Kata Kunci : Account Executive (AE), SOSTAC, Peran Account Executive (AE), KOL/Influencer Marketing.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Muhammad Reza Aditya Putra
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:08
Last Modified: 13 Aug 2025 07:08
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1766

Actions (login required)

View Item
View Item