ADINDA PUTRI SASKIA, SASKIA (2024) Perancangan Buku Interaktif “Ayo Beraktifitas Di Rumah” sebagai Media Pengganti Gawai Pada RS. Citra Arafiq. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Perancangan Buku Interaktif “Ayo Beraktifitas Di Rumah” sebagai Media Pengganti Gawai Pada RS. Citra Arafiq [thumbnail of Perancangan Buku Interaktif “Ayo Beraktifitas Di Rumah” sebagai Media Pengganti Gawai Pada RS. Citra Arafiq]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2024_D_SASKIA ADINDA PUTRI_LAPORAN-1-13.pdf
Download (836kB)
Abstract
Nowadays, the digital era has many positive impacts of society. Gadgets become
an important item that must be owned by everyone and can be used from all ages
and genders. But many parents also give gadgets to early childhood in the golden
ege, and become damaged because it is being given by parents without further
supervision. By collecting ideas and interviewing several sources, then making
mindmapping that aims to find a keyword and making interesting and appropriate
works to be introduced to children. Therefore, it is necessary to create an artwork
as a play media to replace gadgets so children are not dependent on gadgets. The
artwork created in interactive book form that will contain daily activities both
indoors and outdoors. Interactions between children, book an supervise by parents
presented the stories with interesting. The conclusion of the artwork that the author
makes is that it aims to make an interactive book that is interesting and not boring
for children and helps cognitive, motor, and social development for a child.
Di zaman sekarang ini era digital banyak memberikan dampak positif pada
kelangsungan hidup Masyarakat. Gawai menjadi barang penting yang harus
dimiliki oleh semua orang dan bisa digunakan dari segala umur dan gender. Akan
tetapi banyak juga orang tua yang memberikan gawai pada anak usia dini Dimana
seharusnya menjadi masa-masa keemasan seorang anak malah menjadi rusak
setelah diberikan gawai oleh orang tua tanpa adanya pengawasan lebih lanjut.
Dengan mengumpulakan ide-ide serta wawancara ke beberapa narasumber, lalu
membuat mindmapping yang betujuan untuk mencari sebuah kata kunci dan
melakukan pembuatan karya yang menarik serta sesuai untuk diperkenalkan kepada
anak-anak. Oleh karena itu, perlu dibuat karya yang bertujuan untuk menjadi media
bermain pengganti gawai agar anak-anak tidak ketergantungan terhadap gawai.
Karya yang diciptakan berbentuk buku interaktif yang akan berisi tentang aktivitasaktivitas sehari-hari baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, dengan adanya
interaksi-interaksi terhadap anak dan buku serta adanya sedikit cerita di dalam buku
tersebut membuat buku itu tidak membosankan jika dimainkan bersama orang tua.
Kesimpulan dari karya yang penulis buat ini adalah bertujuan untuk membuat buku
interaktif yang menarik dan tidak membuat bosan bagi anak-anak serta membantu
perkembangan kognitif, motorik, dan sosial bagi seorang anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Hari Purnomo, M.SN, Ratih Widowati, S.H., M.H., |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Books, Games, Activities, Kids, Storie Kata kunci: Buku, Permainan, Aktivitas, Anak-Anak, Cerita |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 02:10 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 02:10 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/183 |