PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA KARO BERBASIS ANDROID STUDIO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK DI SD NEGERI 040481 CINTA RAKYAT

Milala, Ijay (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA KARO BERBASIS ANDROID STUDIO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK DI SD NEGERI 040481 CINTA RAKYAT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of LAPORAN TA_IJAY IBRENA MILALA.pdf] Text
LAPORAN TA_IJAY IBRENA MILALA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

The rapid development of information technology, particularly mobile devices like smartphones, opens up new opportunities in the world of education. One such opportunity is leveraging games as a learning medium. This research focuses on the development of an Android-based educational game to introduce Karo culture to elementary school children. Karo culture, as one of Indonesia's rich cultural heritages, needs to be preserved so it does not disappear with time. Through this game, it is hoped that children can learn about various aspects of Karo culture, such as customs, language, dances, music, traditional Karo foods, history, and traditional Karo clothing, in an enjoyable way. This research will utilize an appropriate software development methodology. With the existence of this educational game, it is expected to increase children's interest in learning about culture and serve as an effective medium for cultural preservation.
Keywords: Android, educational game, interactive learning, Karo culture

Perkembangan teknologi informasi yang pesat, khususnya perangkat mobile seperti smartphone, membuka peluang baru dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan game sebagai media pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada pengembangan game edukasi berbasis Android untuk mengenalkan budaya Karo kepada anak sekolah dasar. Budaya Karo sebagai salah satu kekayaan budaya indonesia perlu dilestarikan agar tidak hilang tergerus zaman. Melalui game ini, diharapkan anak-anak dapat belajar tentang berbagai aspek budaya karo seperti adat istiadat, bahasa, tarian, musik, makanan khas karo,sejarah, dan pakaian adat karo secara menyenangkan. Penelitian ini akan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak yang sesuai. Dengan adanya game edukasi ini, diharapkan dapat meningkatkan minat belajar anak terhadap budaya serta menjadi media yang efektif dalam pelestarian budaya.
Kata kunci: Android, budaya karo, game edukasi, pembelajaran interaktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Cholid Mawardi, S.Kom., M.T., sebagai Dosen Pembimbing I., 2. Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom., sebagai Dosen Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: Keywords: Android, educational game, interactive learning, Karo culture Kata kunci: Android, budaya karo, game edukasi, pembelajaran interaktif
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 770 Seni fotografi, komputer, dan sinematografi
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Ijay Ibrena Milala
Date Deposited: 21 Aug 2025 02:35
Last Modified: 21 Aug 2025 02:35
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1834

Actions (login required)

View Item
View Item