PENGEMBANGAN PERMAINAN 2D BERBASIS TURN�BASED RPG “HISTORY OF MATARAM ISLAM” DENGAN METODE GDLC (GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KERAJAAN MATARAM ISLAM INDONESIA (Game Designer

Harpanri, Dhimas Ramaditya (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN 2D BERBASIS TURN�BASED RPG “HISTORY OF MATARAM ISLAM” DENGAN METODE GDLC (GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KERAJAAN MATARAM ISLAM INDONESIA (Game Designer. Diploma thesis, Politeknik negeri media kreatif.

[thumbnail of TEKNOLOGI PERMAINAN] Text (TEKNOLOGI PERMAINAN)
SKRIPSI_DHIMAS RAMADITYA H_20210018.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

With the advancement of technology, various alternatives are available for
acquiring knowledge, including in the field of education. However, the process of
learning history in schools is often considered static, conventional, and
monotonous. This creates a perception that history lessons are deemed boring,
leading to a lack of interest among students. This research is created in response to
such challenges by developing a turn-based RPG (Role Playing Game) application
with the theme of the history of the Mataram Islamic kingdom with Game
Development Life Cycle (GDLC) method. The main goal is to make history learning
more interactive and fun through game applications. The results of this development
show an average value of 89.5%, which shows that overall respondents strongly
agree and this development has achieved decent results.
Keywords: History of Mataram Islam Kingdom, turn-based RPG, GDLC
ABSTRAK
Seiring dengan kemajuan teknologi, tersedia berbagai alternatif untuk
memperoleh pengetahuan, termasuk di bidang pendidikan. Namun, proses
pembelajaran sejarah di sekolah sering kali dianggap statis, konvensional, dan
monoton. Hal ini menyebabkan persepsi bahwa pelajaran sejarah, dianggap
membosankan, dan menciptakan kurangnya minat siswa. Pengembangan game
berbasis mobile ini dibuat sebagai respon terhadap tantangan tersebut dengan
mengembangkan aplikasi permainan berbasis turn-based RPG (Role Playing
Game) dengan tema sejarah kerajaan Mataram Islam menggunakan metode Game
Development Life Cycle (GDLC). Tujuan utamanya adalah membuat pembelajaran
sejarah lebih interaktif dan menyenangkan lewat aplikasi permainan. Hasil dari
pengembangan ini menunjukkan nilai rata-rata sebesar 89,5% yang menunjukkan
bahwa para responden secara keseluruhan sangat setuju dan pengembangan ini
mendapatkan hasil yang layak.
Kata Kunci : Sejarah kerajaan Mataram Islam, turn-based RPG, GDLC

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Prily Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom., 2.Muhammad Sakir, S.Pd., M.T., Pembimbing
Uncontrolled Keywords: History of Mataram Islam Kingdom, turn-based RPG, GDLC,Sejarah kerajaan Mataram Islam, turn-based RPG, GDLC
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 17 Feb 2025 04:48
Last Modified: 17 Feb 2025 04:48
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item
View Item