Riana Fitri Ramadahni Damar, Alim (2025) Desain Buku Interaktif Daily Journal Sebagai Media Regulasi Emosi Pada Mahasiswa PoliMedia Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Desain Buku Interaktif Daily Journal Sebagai Media Regulasi Emosi Pada Mahasiswa PoliMedia Makassar [thumbnail of Desain Buku Interaktif Daily Journal Sebagai Media Regulasi Emosi Pada Mahasiswa PoliMedia Makassar]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir (Alim Riana).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
College is often a stressful and emotionally challenging time due to complex academic and social demands. Lack of awareness of the importance of emotional regulation causes many students to experience stress, anxiety, and decreased enthusiasm for learning. This final project aims to design an interactive daily journal book as a meansfor students, especially at PoliMedia Makassar, to manage their emotions independently and creatively. The theoretical basis includes the concept of emotional regulation (Gross), emotional intelligence (Goleman), and a design approach using the Stanford design thinking method. The methodology used includes observation, literature study, interviews, and questionnaire distribution. This book is designed with interactive features such as mood trackers, relaxation activities, emotional reflection exercises, and motivational quotes. The results of the analysis show that this book has the potential to be an effective reflective media in helping students recognize, understand, and manage emotions positively. Overall, the daily journal book is a creative and functional solution that supports students' emotional health through a design approach that combines psychological and visual aspects in a balanced way.
Masa perkuliahan sering kali menjadi masa yang penuh tekanan dan tantangan emosional akibat tuntutan akademik dan sosial yang kompleks. Kurangnya kesadaran akan pentingnya regulasi emosi menyebabkan banyak mahasiswa mengalami stres, kecemasan, hingga penurunan semangat belajar. Tugas akhir ini bertujuan merancang buku interaktif daily journal sebagai sarana bagi mahasiswa, khususnya di PoliMedia Makassar, untuk mengelola emosi secara mandiri dan kreatif. Landasan teorinya mencakup konsep regulasi emosi (Gross), kecerdasan emosional (Goleman), serta pendekatan desain menggunakan metode design thinking dari Stanford. Metodologi yang digunakan mencakup observasi, studi pustaka, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Buku ini dirancang dengan fitur interaktif seperti mood tracker, aktivitas relaksasi, latihan refleksi emosional, dan kutipan motivasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa buku ini berpotensi menjadi media reflektif yang efektif dalam membantu mahasiswa mengenali, memahami, dan mengelola emosi secara positif. Secara keseluruhan, buku daily journal merupakan solusi kreatif dan fungsional yang mendukung kesehatan emosional mahasiswa melalui pendekatan desain yang memadukan aspek psikologis dan visual secara seimbang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Fadly Shabir, S.Kom., M.T., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Miftahul Jannah, S.Pd., M.Si., sebagai Dosen Pembimbing II. |
Uncontrolled Keywords: | Daily Journal, Emotional Regulation, College Students Jurnal Harian, Regulasi Emosi, Mahasiswa |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 002 Buku (topik menulis, perpustakaan, dan buku) 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Makassar |
Depositing User: | Alim Riana Fitri Ramadahni Damar |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:08 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:08 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1890 |