PERANCANGAN GAME-BASED LEARNING PADA GAME “ELECTRICKY” BERBASIS MOBILE

AKBAR, MUHAMMAD MAJID (2024) PERANCANGAN GAME-BASED LEARNING PADA GAME “ELECTRICKY” BERBASIS MOBILE. Diploma thesis, Politeknik negeri media kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN GAME-BASED LEARNING PADA GAME “ELECTRICKY” BERBASIS MOBILE] Text (PERANCANGAN GAME-BASED LEARNING PADA GAME “ELECTRICKY” BERBASIS MOBILE)
Laporan Tugas Akhir_Muhammad Majid Akbar 20210057-GT8A FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

This writing aims to produce a 3D mobile game with a time management and
simulation genre. The game is intended for the general public to educate about the
importance of wise electricity usage in daily life through an educational game
medium. Additionally, this game aims to test the correlation between Game-Based
Learning and the improvement in game quality. It is expected to provide an
educational and enjoyable gaming experience. The method used in the development
of this game is the Game Development Life Cycle (GDLC) method. The result of the
development is the "Electricity" mobile game application as an alternative learning
medium to educate on how to use electricity wisely. It is hoped that this game can
promote collaboration and inspire future researchers.
Keywords: 3D Game, Wise Electricity Usage, Game-Based Learning, GDLC
Penulisan ini ditujukan untuk menghasilkan sebuah produk berbentuk game mobile
3D dengan genre manajemen waktu dan simulasi. Game ini ditujukan kepada
masyarakat luas guna mengedukasi tentang pentingnya untuk bersikap bijak dalam
penggunaan Listrik dalam kehidupan sehari-hari melalui media game edukasi.
Selain dari itu, game ini ditujukan untuk menguji korelasi Game Based Learnig
Dengan meningkatnya kualitas Game. Yang diharapkan akan memberi pengalaman
bermain yang edukatif dan juga menyenangkan, Metode yang digunakan pada
pengembangan game ini ialah metode Game Development Life Cycle (GDLC).
Hasil dari pengembangan yang dilakukan merupakan aplikasi game “Electricky”
berbasis mobile sebagai media pembelajaran alternatif untuk mengedukasi tentang
bagaimana caranya untuk bijak dalam penggunaan listrik. Diharapkan dengan
adanya game ini dapat mempromosikan kolaborasi serta dapat menjadi inspirasi
untuk para peneliti dimasa mendatang.
Kata kunci: Game 3D, Bijak dalam Penggunaan Listrik, Game-Based Learning,
GDLC

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Bapak Nofiandri Setyasmara, M.T., 2.Bapak Muh Sakir, S.Pd., M.T.,
Uncontrolled Keywords: 3D Game, Wise Electricity Usage, Game-Based Learning, GDLC,Game 3D, Bijak dalam Penggunaan Listrik, Game-Based Learning, GDLC
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 17 Feb 2025 04:48
Last Modified: 17 Feb 2025 04:48
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item
View Item