PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI DUNIA AIR TAWAR DAN SERANGGA

AHMAD FAUZAN PASYA, AHMAD (2024) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI DUNIA AIR TAWAR DAN SERANGGA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI DUNIA AIR TAWAR DAN SERANGGA] Text (PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI DUNIA AIR TAWAR DAN SERANGGA)
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI DUNIA AIR TAWAR DAN SERANGGA-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (490kB)

Abstract

ABSTRAK
Dunia Air Tawar dan Serangga adalah salah satu tempat rekreasi yang
menyajikan koleksi seluruh jenis ikan air tawar yang asalnya dari berbagai perairan
di Indonesia. Pada media sosialnya terjadi fenomena terkait manipulasi konten yang
mengakibatkan terjadinya EWOM negatif di kolom komentar pada postingan
tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif
deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan pendekatan sampel acak dasar
dengan kuesioner yang diberikan kepada 100 responden yang telah mengunjungi
Dunia Air Tawar dan Serangga. Dapat disimpulkan bahwa EWOM memiliki
pengaruh terhadap keputusan wisatawan untuk mengunjungi Dunia Air Tawar dan
Serangga berdasarkan data yang terkumpul. Hasil uji t hitung (8.496) dan t tabel
(1.661) menunjukkan bahwa EWOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pengunjung untuk mengunjungi Dunia Air Tawar dan Serangga. Nilai
signifikansi pengaruh EWOM (X) terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke
Dunia Air Tawar dan Serangga (Y) adalah 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth (EWOM), Keputusan Berkunjung
Wisatawan, Dunia Air Tawar dan Serangga.
Freshwater and Insect World is one of the recreational places that presents
a collection of all types of freshwater fish originating from various waters in
Indonesia. On its social media, there is a phenomenon related to content
manipulation which results in negative EWOM in the comments column on the post.
The research design used is descriptive quantitative research design. Data was
collected using a basic random sample approach with a questionnaire given to 100
respondents who had visited Freshwater and Insect World. It can be concluded that
EWOM has an influence on tourists' decisions to visit the World of Freshwater and
Insects based on the data collected. The t test results (8.496) and t table (1.661)
show that EWOM has a positive and significant effect on visitor decisions to visit
the World of Freshwater and Insects. The significance value of the influence of
EWOM (X) on tourist decisions to visit the World of Freshwater and Insects (Y) is
0.000 <0.05.
Keywords: Electronic Word of Mouth (EWOM), Tourist Visiting Decision,
Freshwater and Insect World

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Anindita Budi Astuti, S. E, M.M., selaku Pembimbing I Swastono Putro Prastyo, S.Par., M.Par., selaku Pembimbing II.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Pariwisata > Program Studi Pengelolaan Perhotelan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 17 Feb 2025 03:29
Last Modified: 17 Feb 2025 03:29
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item
View Item