Muhamad Ardiansyah, Muhamad (2024) IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE DALAM PERMAINAN 2D PLATFORMER “YUGA PRAHARA”. Diploma thesis, Politeknik negeri media kreatif.
![IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE DALAM PERMAINAN 2D PLATFORMER “YUGA PRAHARA” [thumbnail of IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE DALAM PERMAINAN 2D PLATFORMER “YUGA PRAHARA”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Buat CD_TA Muhamad Ardiansyah_ FINALLL (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (948kB)
Abstract
Game platformer memiliki tujuan inti untuk menggerakkan karakter sehingga
dapat berpindah tempat dari satu titik ke titik lain dalam sebuah arena baik itu
dengan gerakan berlari ataupun melompat. Salah satu faktor yang membuat
permainan dalam game lebih menarik adalah adanya karakter NPC yang bertugas
sebagai musuh. Tentu perancangan NPC musuh yang baik adalah dengan adanya
implementasi agen cerdas sehingga mampu membuat karakter NPC musuh
berperilaku lebih dinamis.
Metodenya, kami menerapkan tahap – tahap dari Game Development Life
Cycle (GDLC), dimulai dari konsepsi pembuatan game hingga fase pengujian. FSM
(Finite State Machine) dan pohon keputusan telah dirancang menggunakan
flowchart untuk mengatur perilaku musuh. Untuk mendukung ini , kami
menggunakan teknolgi Navigation Mesh di Unity agar musuh dapat bergerak secara
cerdas
Pengujian ini dilakukan dengan menciptakan beberapa scene berbeda
menggunakan AI Agent dengan tingkah laku dan script AI yang beragam. Dengan
menyusun dan mengkoordinasikan semua ini, kami berharap musuh yang
dihaslikan dapat menciptakan pengalaman bermain yang menarik, adaptif, dan
efektif.
Tujuan dari penelitian ini adalah agar musuh dapat menampilkan perilaku
yang dinamis dan responsif terhadap perubahan dalam permainan dan juga fitur
dash .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1.Nofriandri Setyasmara, M.T ., Pembimbing I, 2.Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom ., Pembimbing II |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 04:48 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 04:48 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/199 |