Aulia, Kurnia Fajar (2025) Perancangan Buku Panduan Teknikal Pengembangan Aset Visual Pada Gim Alien Madness. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Perancangan Buku Panduan Teknikal Pengembangan Aset Visual Pada Gim Alien Madness [thumbnail of Perancangan Buku Panduan Teknikal Pengembangan Aset Visual Pada Gim Alien Madness]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2025_C_17_KURNIA FAJAR AULIA_preliminary.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (914kB)
Abstract
Leolit Games is a game development studio based in Semarang, currently
developing a prototype titled Alien Madness. Visual assets are the first elements
perceived by players, making their development speed, attractiveness, and
consistency crucial. The growing number of artists on the team has created
challenges, particularly regarding differences in background and visual
preferences, leading to inconsistencies in art style, color, and proportions.
Increased team size also brings communication issues, especially without a clear
visual production guideline, resulting in frequent misunderstandings of the
creative brief. This study proposes a technical guidebook as a shared reference for
designing visual assets in Alien Madness, aimed at improving production
efficiency, strengthening visual direction, and ensuring consistency in asset
quality.
Leolit Games adalah studio pengembangan gim asal Semarang yang saat
ini sedang mengembangkan sebuah prototipe gim berjudul Alien Madness. Dalam
sebuah gim, aset visual merupakan elemen pertama yang dilihat oleh pemain,
sehingga diperlukan proses pengembangan yang cepat, menarik, dan konsisten.
Namun, pertumbuhan jumlah anggota tim artis di Leolit Games menimbulkan
tantangan baru, terutama terkait perbedaan latar belakang dan preferensi visual
tiap individu yang dapat mempengaruhi keseragaman gaya seni, warna, dan
proporsi aset. Selain itu, komunikasi yang semakin kompleks sering kali
menyebabkan miskomunikasi dalam memahami brief, terutama tanpa adanya
pedoman produksi visual yang jelas. Untuk menjawab permasalahan tersebut,
dibutuhkan sebuah buku panduan teknikal yang dapat menjadi acuan bersama
dalam proses perancangan aset visual gim Alien Madness, sehingga dapat
meningkatkan efisiensi, memperkuat arah visual, dan menjaga konsistensi kualitas
produksi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Yusuf Nurrachman, S.T., M.M.S.I., sebagai dosen pembimbing I; 2. Yuda Syah Putra, S.Pd., M.Sn., sebagai dosen pembimbing II. |
Uncontrolled Keywords: | Art Direction, Game, Guideline, Arahan Seni, Gim, Panduan |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 002 Buku (topik menulis, perpustakaan, dan buku) 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 743 Gambar menurut subjek, menggambar menurut subjek |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Kurnia Fajar Aulia |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 08:20 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 08:20 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2103 |