Afdhaliah, Afdhaliah (2025) Perancangan Buku Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah Untuk Anak Jalanan Usia 5-8 Tahun. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Perancangan Buku Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah Untuk Anak Jalanan Usia 5-8 Tahun [thumbnail of Perancangan Buku Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah Untuk Anak Jalanan Usia 5-8 Tahun]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir (Afdhaliah).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (519kB)
Abstract
Masa kanak-kanak sangat penting untuk memperoleh pengetahuan, salah satunya Pembelajaran Agama. Setiap orang tua diwajibkan untuk mengajarkan anak-anak mereka membaca surat-surat pendek dan cara shalat agar mereka nantinya dapat memahami dan membaca Al-Qur’an maupun Hadis. Salah satu cara untuk mengajarkan anak-anak usia dini tentang pemahaman Al-Qur'an adalah melalui pengenalan huruf hijaiyah. Buku Interaktif Huruf Hijaiyah dibuat dengan tujuan untuk digunakan sebagai media pembelajaran huruf hijaiyah untuk anak-anak usia 5-8 tahun. Buku ini terdiri dari tiga aktivitas yang dapat dilakukan yaitu membaca, menulis dan menyusun huruf hijaiyah. Melalui metode design thinking dapat diperoleh 5 tahapan perancangan buku interaktif huruf hijaiyah yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Buku tersebut memiliki 48 halaman yang kemudian diuji coba kepada 5 orang anak jalanan disalah satu komunitas yang ada di Makassar sebagai media pembelajaran huruf hijaiyah. Hasilnya, buku tersebut berfungsi dengan baik dalam memberikan pembelajaran dan meningkatkan semangat anak-anak dalam mempelajari buku huruf hijaiyah.
Childhood is very important for acquiring knowledge, one of which is Religious Education. Every parent is required to teach their children to read short surahs and how to pray so that they can later understand and read the Qur'an and Hadith. One way to teach early childhood about understanding the Qur'an is through the introduction of hijaiyah letters. The Interactive Book of Hijaiyah Letters was created with the aim of being used as a learning medium for hijaiyah letters for children aged 5-8 years. This book consists of three activities that can be done, namely reading, writing and composing hijaiyah letters. Through the design thinking method, 5 stages of designing an interactive book of hijaiyah letters can be obtained, namely Empathize, Define, Ideate, Prototype and Test. The book has 48 pages which were then tested on 5 street children in one of the communities in Makassar as a learning medium for hijaiyah letters. The result, the book functions well in providing learning and increasing children's enthusiasm in learning the hijaiyah letter book.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. H. Suardi, S.Sos., M.Si, sebagai Dosen Pembimbing I 2. Najmawati Sulaiman, S.Pd., M.Si., sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Huruf Hijaiyah, Buku Interaktif, Anak Jalanan Hijaiyah Letters, Interactive Books, Street Children |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Makassar |
Depositing User: | Afdhaliah Afdhaliah |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 03:48 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 03:48 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2105 |