TIWARI MALFIKHA, MALFIKHA (2024) PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI ENSIKLOPEDIA ANAK PENGENALAN HEWAN REPTIL UNTUK ANAK USIA 4–6 TAHUN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI ENSIKLOPEDIA ANAK PENGENALAN HEWAN REPTIL UNTUK ANAK USIA 4–6 TAHUN [thumbnail of PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI ENSIKLOPEDIA ANAK PENGENALAN HEWAN REPTIL UNTUK ANAK USIA 4–6 TAHUN]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2024_B_17_MALFIKHA TIWARA_Laporan-1-10.pdf
Download (1MB)
Abstract
The encyclopedia illustration book of the introduction of reptile animals typical of
Indonesia for children is the final project work that the author produces with the
author's role as a book designer. This book contains information that contains
visuals, characteristics, food and habitat of reptiles in Indonesia. The purpose of
writing this final project is to introduce reptiles in an interesting and informative
way to children. The method used is descriptive with data collection techniques,
literature study, observation, and interviews. The first discussion, graphic design
of encyclopedia books is carried out with the stages of collecting data, forming
creative concepts/ideas, making storylines, sketches, digitizing, completing the
work. Second, the design of supporting media is carried out with the stages of
sketching, digitizing, making mockups and printing. From the two processes, it is
concluded that the steps to be taken after choosing what to make, the author
conducts data collection. Next, the author determines creative ideas to process the
problems that have been found previously. This can help the author find the
concept and creation of works that are suitable for this final project.
Buku ilustrasi ensiklopedia pengenalan hewan reptil khas Indonesia untuk anak
adalah karya tugas akhir yang penulis hasilkan dengan peran penulis sebagai
perancang buku. Buku ini memuat informasi yang berisikan visual, ciri-ciri,
makanan serta habitat hewan reptil di Indonesia. Tujuan penulisan tugas akhir ini
adalah mengenalkan hewan reptil secara menarik dan informatis kepada anakanak. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data,
studi pustaka, observasi, dan wawancara. Pembahasan pertama, perancangan
grafis buku ensiklopedia dilakukan dengan tahapan mengumpulkan data,
pembentukan konsep/ide kreatif, pembuatan storyline, sketsa, digitalilasi,
penyelesaian karya. Kedua, perancangan media pendukung dilakukan dengan
tahapan sketsa, digitalisasi, pembuatan mockup dan cetak. Dari kedua proses
tersebut, disimpulkan bahwa langkah yang harus dilakukan setelah memilih apa
yang akan dibuat, penulis melakukan pengumpulan data. Selanjutnya, penulis
menentukan ide kreatif untuk mengolah masalah yang telah ditemukan
sebelumnya. Hal ini dapat membantu penulis menemukan konsep dan pembuatan
karya yang sesuai dengan karya tugas akhir ini
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Suratni, S.S., M.Hum., Lani Siti Noor Aisyah, M. Ds |
Uncontrolled Keywords: | Keywords :encyclopedia, illustration, reptiles, children Kata kunci: ensiklopedia, ilustrasi, reptil, anak-anak |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 07:50 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 07:50 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/213 |