PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI) SEBAGAI MEDIA EDUKASI BAGI GENERASI Z DAN ALPHA

Nufaisah, Nasywah (2025) PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI) SEBAGAI MEDIA EDUKASI BAGI GENERASI Z DAN ALPHA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI) SEBAGAI MEDIA EDUKASI BAGI GENERASI Z DAN ALPHA] Text (PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI) SEBAGAI MEDIA EDUKASI BAGI GENERASI Z DAN ALPHA)
PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MYERS-BRIGGS TYPE.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (452kB)

Abstract

The development of the digital era is driving changes in the learning styles of
younger generations, especially Generation Z and Alpha, who are more responsive
to visual and interactive media. Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) is one of the
tools to understand personality, but its theoretical and textual delivery is less
effective for this generation. Therefore, this research aims to design an MBTI
illustration book as an interesting educational media that suits the characteristics
of the younger generation. The methods used include interviews, observations, and
literature studies, with a visual communication design approach. The result of the
design is a 17 x 17 cm illustration book with visual and interactive content,
featuring 16 MBTI personality types through illustrative characters, short stories,
and reflective activities. This book is designed to help high school students,
especially grade XI, in getting to know themselves in a more fun and applicable
way. This design is expected to be an alternative educational media that is
informative, communicative, and relevant to the needs of the digital generation.
Keywords: MBTI, illustration book, visual communication design, Generation Z,
Generation Alpha

Perkembangan era digital mendorong perubahan gaya belajar generasi muda,
terutama Generasi Z dan Alpha, yang lebih responsif terhadap media visual dan
interaktif. Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) merupakan salah satu alat untuk
memahami kepribadian, namun penyampaiannya yang cenderung teoretis dan
tekstual kurang efektif bagi generasi ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk merancang buku ilustrasi MBTI sebagai media edukasi yang menarik dan
sesuai dengan karakteristik generasi muda. Metode yang digunakan mencakup
wawancara, observasi, dan studi pustaka, dengan pendekatan desain komunikasi
visual. Hasil perancangan berupa buku ilustrasi berukuran 17 x 17 cm dengan
konten visual dan interaktif, menampilkan 16 tipe kepribadian MBTI melalui
karakter ilustratif, cerita pendek, dan aktivitas reflektif. Buku ini dirancang untuk
membantu siswa SMA, khususnya kelas XI, dalam mengenal diri sendiri secara
lebih menyenangkan dan aplikatif. Perancangan ini diharapkan dapat menjadi
alternatif media edukasi yang informatif, komunikatif, dan relevan dengan
kebutuhan generasi digital.
Kata kunci: MBTI, buku ilustrasi, desain komunikasi visual, Generasi Z,
Generasi Alpha

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Lani Siti Noor Aisyah, M.Ds., sebagai Dosen Pembimbing 1; 2. Andriyana, S.pd., M.Pd., sebagai Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Keywords: MBTI, illustration book, visual communication design, Generation Z, Generation Alpha Kata kunci: MBTI, buku ilustrasi, desain komunikasi visual, Generasi Z, Generasi Alpha
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Nasywah Nufaisah
Date Deposited: 21 Aug 2025 09:06
Last Modified: 21 Aug 2025 09:06
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item
View Item