PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PUZZLE PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK TPQ JAMI NURUL FALAH RAGUNAN

Maryam, Adinda (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PUZZLE PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK TPQ JAMI NURUL FALAH RAGUNAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Puzzle Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk TPQ Jami Nurul Falah Ragunan] Text (Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Puzzle Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk TPQ Jami Nurul Falah Ragunan)
TA2025_A_04_ADINDA MARYAM_Preliminary.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (876kB)

Abstract

ABSTRACT
The Al-Quran Kindergarten have an important role in educate Quran reading from an early age. Hijaiyah letters are the foundation of learning, but their subjects are deliver in a conventional and monotonous way, children are not motivated to learn about these letters. Therefore, author deliver idea to design interactive learning media in the form of educational puzzles with catchy illustrations that children can easily understand. This design aims to enhance interest in learn and interaction between teachers and students in a limited time frame. In this design process, the pre-production stage involves data collection through literature study, observation, and interviews. Then, the data processed into mind mapping and mood boards as design fundamental references. Start in production stage, which includes creating sketches and digitizing the work as well as mockups as examples of the final product. The final stage is post-production, which contains the results of the main work in the form of a puzzle and supporting works. The final project is an interactive learning media in the form of a physical puzzle themed 'Hijaiyah Garden Adventure' with overall dimensions of 50.5 cm x 32 cm, made of 3 mm-thick grey board that can meet the learning needs at the Jami Nurul Falah Ragunan Al-Quran Kindergarten. With creative learning media such as puzzles, author hope that students will be more active and understand the learning process easily, it will be fun and effective in introduce Hijaiyah letters.
Keyword: Learning Media, Illustration, Puzzle, Hijaiyah

Taman Pendidikan Al-Quran memiliki peran penting dalam pengajaran membaca Al-Quran sejak usia dini. Huruf hijaiyah merupakan dasar pembelajaran, namun dalam pengajarannya seringkali disampaikan secara konvensional dan monoton sehingga anak kurang termotivasi untuk belajar mengenal huruf hijaiyah. Oleh karena itu penulis merancang media pembelajaran interaktif berupa puzzle edukatif dengan ilustrasi yang menarik dan dapat dipahami untuk anak-anak. Perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar serta interaktif antara guru dan siswa dalam waktu yang terbatas. Dalam perancangan karya ini melalui tahap pra-produksi yaitu pengumpulan data melalui metode studi pustaka, observasi dan wawancara. Kemudian data diolah menjadi mind mapping dan moodboard yang menjadi acuan desain. Selanjutnya tahap produksi yaitu pembuatan sketsa dan digitalisasi karya serta mockup sebagai contoh hasil akhir karya. Tahap terakhir yaitu pasca produksi berisikan hasil dari karya utama berupa puzzle dan karya pendukung. Hasil dari perancangan Tugas Akhir ini yaitu media pembelajaran interaktif berupa puzzle bertemakan “Hijaiyah Garden Adventure” dengan ukuran keseluruhan 50,5 cm x 32 cm, menggunakan bahan grey board ketebalan 3mm yang mampu memenuhi kebutuhan pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran Jami Nurul Falah Ragunan. Dengan media pembelajaran yang kreatif seperti puzzle, diharapkan siswa lebih aktif dan mudah memahami dalam proses belajar, menyenangkan dan efektif dalam memperkenalkan Huruf Hijaiyah.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ilustrasi, Puzzle, Hijaiyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Yayah Nurasiah, M.Pd., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Citrani Eka Lamda Nur, S.Sn., M.I.Kom., sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Illustration, Puzzle, Hijaiyah, Media Pembelajaran, Ilustrasi, Puzzle, Hijaiyah
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
700 - Seni dan Rekreasi > 750 Seni lukis > 752 Seni warna
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Adinda Maryam
Date Deposited: 21 Aug 2025 07:48
Last Modified: 21 Aug 2025 07:48
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item
View Item