PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA EDUKASI MENGELOLA EMOSI MARAH UNTUK ANAK USIA DINI

Melinda, Mitha (2025) PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA EDUKASI MENGELOLA EMOSI MARAH UNTUK ANAK USIA DINI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of TA2025_D_16_Mitha Melinda_prelims.pdf] Text
TA2025_D_16_Mitha Melinda_prelims.pdf

Download (1MB)

Abstract

Children in their early stages of development often struggle to understand and
manage their emotions, especially anger, due to the lack of learning media suited
to their developmental level. This issue is also experienced by PAUD Tuffahul
Jannah as the client, which faces challenges in providing engaging educational
tools to help children regulate their emotions. To address this problem, an
illustrated storybook titled “Kinar Don’t Be Angry” was created as a fun and
educational medium for children aged 4–6. The design process began with research on the background of the issue, as well as
theories related to picture books, emotional development in children, and the
importance of emotional intelligence. The development process was carried out in
three stages: pre-production, production, and post-production, using a graphic
design approach that included selecting illustration styles, color palettes,
characters, and layout composition. Data were collected through literature studies
and interviews with a storyteller to develop a storyline suitable for children's
understanding. The final product is a 21x21 cm illustrated storybook, complemented by additional
materials such as a poster, x-banner, stickers, and markers. This book is designed
to strengthen the delivery of educational messages and serve as a tool for teachers
and parents to help children understand and manage anger in a positive way.
Keywords: illustrated book, anger emotion, early childhood education, emotion
regulation, PAUD Tuffahul Jannah

Anak-anak yang masih dalam tahap awal perkembangan sering mengalami
kesulitan dalam memahami dan mengatur emosi mereka, khususnya emosi marah,
disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang cocok dengan tingkat
perkembangan mereka. Hal ini juga dirasakan oleh PAUD Tuffahul Jannah sebagai
klien, yang menghadapi masalah dalam menyediakan media edukatif yang menarik
untuk membantu anak-anak dalam mengelola emosi. Untuk mengatasi masalah ini,
dibuat buku cerita bergambar berjudul “Kinar Jangan Marah” sebagai media
edukasi yang menyenangkan bagi anak usia 4–6 tahun. Proses perancangan buku
ini dimulai dengan pencarian tentang latar belakang masalah serta teori mengenai
buku cerita bergambar, perkembangan emosi anak, dan pentingnya kecerdasan
emosional. Tahapan perancangan dilakukan melalui: pra-produksi, produksi, dan
pasca produksi, dengan pendekatan desain grafis yang mencakup pemilihan gaya
ilustrasi, palet warna, karakter, dan komposisi tata letak. Data dikumpulkan melalui
studi literatur dan wawancara dengan pendongeng untuk mengembangkan alur
cerita yang sesuai dengan pemahaman anak-anak. Produk akhir dari perancangan
ini berupa buku cerita bergambar berukuran 21x21 cm, dilengkapi dengan materi
tambahan seperti poster, x-banner, stiker, dan spidol, Buku ini dirancang untuk
memperkuat penyampaian pesan edukatif, sekaligus menjadi sarana bagi guru dan
orang tua dalam membantu anak memahami dan mengelola emosi marah secara
positif.
Kata kunci: buku ilustrasi, emosi marah, pendidikan anak usia dini, regulasi
emosi, PAUD Tuffahul Jannah

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Angga Priatna, S.DKV., M.Sn. sebagai dosen pembimbing I Zainul Hakim, S.Ag.,M.Pd.I. sebagai dosen pembimbing II
Uncontrolled Keywords: illustrated book, anger emotion, early childhood education, emotion regulation, PAUD Tuffahul Jannah buku ilustrasi, emosi marah, pendidikan anak usia dini, regulasi emosi, PAUD Tuffahul Jannah
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Mitha Melinda
Date Deposited: 21 Aug 2025 07:10
Last Modified: 21 Aug 2025 07:10
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2231

Actions (login required)

View Item
View Item