PEMBUATAN KONTEN VIDEO REELS PADA INSTAGRAM @hay.u_rjc UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT

Aditya, Dimas (2025) PEMBUATAN KONTEN VIDEO REELS PADA INSTAGRAM @hay.u_rjc UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR  PEMBUATAN KONTEN VIDEO REELS PADA INSTAGRAM  @hay.u_rjc UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT] Text (LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN KONTEN VIDEO REELS PADA INSTAGRAM @hay.u_rjc UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT)
LAPORAN TUGAS AKHIR DIMAS ADITYA_REV SIDANG_2270404028_PRELIMS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (597kB)

Abstract

Hay.u is a food and beverage shop in Bojonggede, Bogor, targeting young people and families through social media, especially Instagram. However, the engagement on the @hay.u_rjc account is still low due to the lack of interesting video content, especially Reels which is currently a featured feature on Instagram. The problem in this research is the lack of interaction (engagement) on Instagram @hay.u_rjc due to uninteresting content during the period of March–May 2025. The purpose of this research is to create video reels content on Instagram @hay.u_rjc to increase engagement during the period of March–May 2025 by using implementation methods such as observation, literature study, and online research as well as using the AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) approach and the STP (Segmenting, Targeting, Positioning) method, and through the stages of preproduction, production, and post-production. The result of the research is that in the pre-production stage, a brief of the content to be made was produced; the production stage resulted in Instagram Reels video content for @hay.u_rjc that was made based on the previous brief. Post-production resulted in an increase on the Instagram account @hay.u_rjc, where the engagement rate increased from 1.89% to 5.9%, with total views reaching 11,899 and interactions reaching 1,000. The conclusion shows that the created video Reels content was successful due to the increase in engagement.

Hay.u adalah kedai makanan dan minuman di Bojonggede, Bogor, yang menyasar anak muda dan keluarga melalui media sosial, terutama Instagram. Namun, engagement akun @hay.u_rjc masih rendah akibat kurangnya konten video menarik, khususnya Reels yang menjadi fitur unggulan Instagram saat ini. Permasalahan pada penelitian ini adalah sedikitnya interaksi (engagement) pada Instagram @hay.u_rjc dikarenakan konten yang kurang menarik pada periode bulan Maret-Mei 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk bisa melakukan pembuatan konten video reels pada Instagram @hay.u_rjc untuk meningkatkan engagement selama periode bulan Maret-Mei 2025 dengan menggunakan metode pelaksanan yaitu observasi, studi pustaka, dan penelusuran online serta menggunakan pendekatan AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) dan metode STP (Segmenting, Targeting, Positioning), serta melalui tahapan pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Hasilnya penelitiannya adalah pada tahap pra-produksi menghasilkan brief dari konten yang akan dibuat, tahap produksi menghasilkan konten video reels Instagram @hay.u_rjc yang sudah di lakukan dengan brief sebelumnya. Pasca produksi menghasilkan peningkatan pada akun Instagram @hay.u_rjc yaitu engagement rate naik dari 1,89% menjadi 5,9%, dengan total tayangan 11.899 dan interaksi mencapai 1.000. Kesimpulannya menunjukkan bahwa konten video reels yang dibuat berhasil karena terjadinya peningkatan engagement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Suratni, S.S., M.Hum., Sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Jefri Rahmadian, M.Kom., Sebagai Dosen Pembimbing II;
Uncontrolled Keywords: Reels, Instagram, engagement, digital marketing, video content, konten video
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Dimas Aditya
Date Deposited: 21 Aug 2025 08:27
Last Modified: 21 Aug 2025 08:27
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2261

Actions (login required)

View Item
View Item