PERENCANAAN KONTEN INSTAGRAM @TURUNTANGAN UNTUK MENAIKKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI – APRIL 2025

POTORUW, HEZKEL GIVEN MARZES (2025) PERENCANAAN KONTEN INSTAGRAM @TURUNTANGAN UNTUK MENAIKKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI – APRIL 2025. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.

[thumbnail of PERENCANAAN KONTEN INSTAGRAM @TURUNTANGAN UNTUK MENAIKKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI – APRIL 2025] Text (PERENCANAAN KONTEN INSTAGRAM @TURUNTANGAN UNTUK MENAIKKAN ENGAGEMENT PERIODE FEBRUARI – APRIL 2025)
(REPOSITORY) LAPORAN TUGAS AKHIR_HEZKEL GIVEN MARZES_D3 PERIKLANAN_FINAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (818kB)

Abstract

This research discusses @turuntangan's Instagram social media content planning strategy in increasing engagement for the generation Z target audience in the period February to April 2025. The background of this research is based on the need for non-profit organizations to reach the participation of the younger generation digitally through relevant and communicative content. This research uses observation, and online study methods. The results show that content planning that includes pre-production, production, and post-production stages has an effect on the quality and interaction with the audience, although the engagement rate has not been fully stabilized and Generation Z is still the second largest audience. This study concludes that a content strategy that is purposeful, consistent, and appropriate to the characteristics of the audience is important to increase engagement in a sustainable manner.

Penelitian ini membahas strategi perencanaan konten media sosial Instagram @turuntangan dalam meningkatkan engagement dari audiens Generasi Z pada periode Februari hingga April 2025. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan organisasi non-profit untuk menjangkau partisipasi generasi muda secara digital melalui konten yang relevan dan komunikatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi, dan studi online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan konten yang mencakup tahapan pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi berpengaruh terhadap kualitas dan interaksi dengan audiens, meskipun tingkat engagement belum sepenuhnya stabil dan Generasi Z masih menjadi penonton terbanyak kedua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi konten yang terarah, konsisten, dan sesuai dengan karakteristik audiens penting untuk meningkatkan engagement secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rizky Kertanegara, S.S., M.Si., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Pahala Basuki, M.I.Kom., sebagai Dosen Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: content planning, social media, engagement, Generation Z, Instagram, perencanaan konten, media sosial, engagement, Generasi Z, Instagram
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 307 Komunitas
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Hezkel Given Marzes Potoruw
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:37
Last Modified: 13 Aug 2025 02:37
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item
View Item