PERANCANGAN MEDIA MOTION GRAPHIC EDUKATIF TENTANG BAHAYA HOAKS BAGI SISWA SMKN 62 JAKARTA

Ferdiansyah, Ghalih (2025) PERANCANGAN MEDIA MOTION GRAPHIC EDUKATIF TENTANG BAHAYA HOAKS BAGI SISWA SMKN 62 JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN MEDIA MOTION GRAPHIC EDUKATIF TENTANG BAHAYA HOAKS BAGI SISWA SMKN 62 JAKARTA] Text (PERANCANGAN MEDIA MOTION GRAPHIC EDUKATIF TENTANG BAHAYA HOAKS BAGI SISWA SMKN 62 JAKARTA)
PERANCANGAN MEDIA MOTION GRAPHIC EDUKATIF TENTANG BAHAYA HOAKS BAGI SISWA SMKN 62 JAKARTA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penyebaran hoaks di kalangan remaja, khususnya siswa SMK, merupakan masalah yang semakin marak seiring perkembangan media sosial. Kurangnya pemahaman dan literasi media menyebabkan informasi palsu mudah dipercaya dan disebarkan. Perancangan tugas akhir ini bertujuan untuk merancang motion graphic edukatif yang dapat meningkatkan kesadaran akan bahaya hoaks bagi siswa SMKN 62 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket daring, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media edukatif berbentuk motion graphic dinilai menarik, mudah dipahami, dan relevan dengan gaya komunikasi remaja. Perancangan karya dilakukan melalui tahapan pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi, dengan menerapkan prinsip dan elemen desain grafis yang sesuai. Karya yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi media edukasi alternatif dalam upaya pencegahan penyebaran hoaks di kalangan pelajar.
Kata Kunci: Hoaks, Motion Graphic, Edukasi, Remaja, Desain Grafis

The spread of hoaxes among teenagers, especially vocational school students, is an increasingly serious problem in the era of social media. The lack of understanding and media literacy causes false information to be easily believed and shared. This study aims to design an educational motion graphic to raise awareness about the dangers of hoaxes for students at SMKN 62 Jakarta. The method used is descriptive qualitative, with data collected through observation, online questionnaires, and interviews. The results show that educational media in the form of motion graphics is considered engaging, easy to understand, and relevant to teenagers’ communication styles. The design process includes pre-production, production, and post-production stages, applying appropriate visual elements and design principles. The final work is expected to serve as an alternative educational medium in efforts to prevent the spread of hoaxes among students.
Keywords: Hoax, Motion Graphic, Education, Teenagers, Graphic Design

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Yusuf Nurrachman, S.T., M.M.S.I. , Sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Angga Priatna, S.DKV., M.Sn. , Sebagai Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Hoaks, Motion Graphic, Edukasi, Remaja, Desain Grafis, Hoax, Motion Graphic, Education, Teenagers, Graphic Design
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Ghalih Ferdiansyah
Date Deposited: 20 Aug 2025 02:49
Last Modified: 20 Aug 2025 02:49
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2328

Actions (login required)

View Item
View Item