PENERAPAN SENI ILUSTRASI 2 DIMENSI PADA ASSET GAME VISUAL NOVEL “KHALIFAH” DENGAN STYLE MODERN CARTOON ART

AMALIA, DEFITRI (2024) PENERAPAN SENI ILUSTRASI 2 DIMENSI PADA ASSET GAME VISUAL NOVEL “KHALIFAH” DENGAN STYLE MODERN CARTOON ART. Diploma thesis, Politeknik negeri media kreatif.

[thumbnail of PENERAPAN SENI ILUSTRASI 2 DIMENSI PADA ASSET GAME VISUAL NOVEL “KHALIFAH” DENGAN STYLE MODERN CARTOON ART] Text (PENERAPAN SENI ILUSTRASI 2 DIMENSI PADA ASSET GAME VISUAL NOVEL “KHALIFAH” DENGAN STYLE MODERN CARTOON ART)
TA_Defitri Amalia_20210016_Teknologi Permainan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

This research aims to develop a 2D platformer-based educational game that
features the story of the four Khalifah after the death of the Prophet Muhammad.
The introduction of the Khalifah themselves can generally be obtained in school
learning. But it does not rule out the possibility that information about Khalifah can
be found in other media, for example newspapers, magazines, blogs, and journals
on the internet. This type of introduction usually does not have any interaction that
makes the reader feel monotonous and bored, with this deficiency, an interactive,
interesting and different introduction media is needed. Development of game visual
assets using the Human-Centered Design (HCD) method. The benefit of this
research is to apply the knowledge gained during learning at Politeknik Negeri
Media Kreatif Jakarta. The results of asset design and integration were successfully
carried out, this is evidenced by the results of testing the creation of assets that the
assets made are appropriate and the animation can run well in the environment. In
the Khalifah Game, a modern cartoon art style has been applied, thus making this
game more interesting but simple. This research is expected to be an example of
innovation for further game development and a reference for other developers.
Keyword: 2D Illustration, Human-Centered Design (HDC), Educative Game,
Visual Novel
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukatif berbasis 2D
platformer yang menampilkan kisah empat khalifah setelah wafatnya Rasulullah
SAW. Pengenalan mengenai Khalifah sendiri umumnya dapat didapatkan pada
pembelajaran di sekolah. Namun tidak menutup kemungkinan informasi mengenai
Khalifah dapat ditemukan pada media lain, contohnya koran, majalah, blog,
maupun jurnal yang ada di internet. Jenis pengenalan tersebut biasanya tidak
memiliki interaksi apapun yang membuat pembacanya merasa monoton dan bosan,
dengan adanya kekurangan tersebut, dibutuhkan media pengenalan yang interaktif,
menarik dan berbeda. Pengembangan aset visual game menggunakan metode
Human Centered Design (HCD). Manfaat penelitian ini adalah untuk menerapkan
ilmu yang diperoleh selama pembelajaran di Politeknik Negeri Media Kreatif
Jakarta. Hasil perancangan dan intehrasi aset berhasil dilakukan, hal ini dibuktikan
dengan hasil pengujian pembuatan aset bahwa aset yang dibuat sudah sesuai dan
animasi dapat berjalan baik di environment. Dalam Game Khalifah, gaya seni
kartun modern telah diterapkan, sehingga membuat game ini lebih menarik namun
sederhana. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan contoh inovasi untuk
pengembangan game selanjutnya dan menjadi referensi bagi pengembang lainnya.
Kata Kunci: Ilustrasi 2D, Human-Centered Design, Game Edukatif., Visual
Novel.
vii

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Bapak Muh. Sakir, S.Pd., M.T., 2.Ibu Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom.,
Uncontrolled Keywords: 2D Illustration, Human-Centered Design (HDC), Educative Game, Visual Nove,Ilustrasi 2D, Human-Centered Design, Game Edukatif., Visual Novel
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 18 Feb 2025 07:23
Last Modified: 18 Feb 2025 07:23
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item
View Item