Tarisa, Yasmin (2025) DESAIN DAN PENGEMBANGAN GIM EDUKASI DBD BERBASIS 2D PLATFORMER DENGAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC). Diploma thesis, Politeknk Negeri Media Kreatif.
![DESAIN DAN PENGEMBANGAN GIM EDUKASI DBD BERBASIS 2D PLATFORMER DENGAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC) [thumbnail of DESAIN DAN PENGEMBANGAN GIM EDUKASI DBD BERBASIS 2D PLATFORMER DENGAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC)]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2025_YASMIN TARISA_preliminary.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (630kB)
Abstract
Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) is one of the global health threats, including in
Indonesia, which is among the countries with a high number of DHF cases. A lack
of awareness and understanding among the public, especially children and
adolescents, regarding DHF prevention is one of the contributing factors to the
high incidence of this disease. This study aims to design and develop an educational
game titled "Dengue Defender", based on a 2D platformer format that incorporates
material from the comic "Fight Mosquitoes, Protect Yourself". The development of
Dengue Defender follows the Game Development Life Cycle (GDLC) method. The
game was tested through pre-test and post-test to measure the improvement in
understanding after playing the game, and usability testing using the Likert scale
involving children. The results showed an increase in scores from the pre-test to
the post-test in most questions, along with a usability feasibility percentage that
indicated the game is “Feasible” for use. Thus, Dengue Defender has proven to be
effective as an alternative educational medium to enhance children’s understanding
of DHF prevention.
Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu ancaman kesehatan global,
termasuk Indonesia yang menjadi salah satu negara dengan kasus DBD yang tinggi.
Kurangnya kesadaran dan pemahaman masyarakat, khususnya bagi anak-anak dan
remaja, terkait pencegahan DBD menjadi salah satu faktor tingginya kasus penyakit
ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangan gim edukasi
"Dengue Defender" berbasis 2D platformer yang menyisipkan materi komik
"Lawan Nyamuk, Lindungi Diri". Pengembangan "Dengue Defender"
menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Pengujian gim
dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman
setelah memainkan “Dengue Defender” serta usability testing yang dianalisis
dengan skala Likert kepada anak-anak. Hasilnya menunjukkan peningkatan nilai
dari pre-test ke post-test pada sebagian besar pertanyaan, serta persentase kelayakan
usability yang mengindikasikan bahwa gim ini “Layak” digunakan. Dengan
demikian, “Dengue Defender” terbukti efektif sebagai media edukasi alternatif
untuk meningkatkan pemahaman anak-anak tentang pencegahan DBD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Hafid Setyo Hadi, M.T, Pembimbing I 2. Nofiandri Setyasmara, M.T, Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Educational Game, 2D Platformer, DHF Game Edukasi, 2D Platformer, DBD |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Yasmin Tarisa |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 07:59 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 07:59 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2359 |