Azanni Putri, Sya'da (2025) Rancang Bangun Game Edukasi tentang Jenis dan Bagian Tanaman Pangan Menggunakan Unity Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Rancang Bangun Game Edukasi tentang Jenis dan Bagian Tanaman Pangan Menggunakan Unity Berbasis Android [thumbnail of Rancang Bangun Game Edukasi tentang Jenis dan Bagian Tanaman Pangan Menggunakan Unity Berbasis Android]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sya'da Azanni Putri_TRM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (639kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi game edukasi mengenai jenis dan bagian tanaman pangan dengan menggunakan platform Unity berbasis Android. Aplikasi game edukasi ini dirancang sebagai media pembelajaran inovatif bagi siswa kelas IV SDN Depok Baru 1 guna meningkatkan minat serta pemahaman mereka terhadap materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang berkaitan dengan tanaman pangan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) untuk memastikan proses pengembangan aplikasi berlangsung secara sistematis dan terstruktur. Melalui implementasi game edukasi ini, diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang menyenangkan dan memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran di tingkat sekolah dasar dengan memanfaatkan perkembangan teknologi modern. Berdasarkan hasil evaluasi sistem yang telah dilaksanakan, aplikasi game edukasi ini menunjukkan kinerja yang optimal. Hal ini dibuktikan melalui hasil pengujian yang mencapai nilai rata-rata 92 dari data yang diperoleh dari 25 responden siswa kelas IV, menunjukkan tingkat penerimaan dan efektivitas yang tinggi terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan.
This research aims to design and develop an educational game application about types and parts of food plants using Unity platform for Android-based devices. The educational game application is designed as an innovative learning medium for fourth-grade students at SDN Depok Baru 1 to enhance their interest and understanding of Natural and Social Sciences (IPAS) materials related to food plants.The development method used in this research is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) to ensure the application development process proceeds systematically and structurally. Through the implementation of this educational game, it is expected to serve as an alternative learning medium that is enjoyable and provides positive contributions to the learning process at the elementary school level by utilizing modern technological developments. Based on the system evaluation results that have been conducted, this educational game application demonstrates optimal performance. This is evidenced by test results achieving an average score of 92 from data obtained from 25 fourth-grade student respondents, indicating high levels of acceptance and effectiveness toward the developed learning medium.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Herly Nurahmi, S.Si, M.Kom., sebagai dosen pembimbing I 2. Sanjaya Pinem, S.Kom., M.Sc., sebagai dosen pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Tanaman, Ilmu Pengetahuan Alam, Aplikasi Android, Educational Game, Plants, Natural Science, Android Application |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Sya'da Azanni Putri |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:03 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:03 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2371 |