Jafar Sodiq, Muhammad (2025) IMPLEMENTASI PHOTON PUN 2 UNTUK MEMBANGUN EKOSISTEM MULTIPLAYER PADA GAME TRADISIONAL BENTENGAN “BENTENG RAYA” BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![IMPLEMENTASI PHOTON PUN 2 UNTUK MEMBANGUN EKOSISTEM MULTIPLAYER PADA GAME TRADISIONAL BENTENGAN “BENTENG RAYA” BERBASIS ANDROID [thumbnail of IMPLEMENTASI PHOTON PUN 2 UNTUK MEMBANGUN EKOSISTEM MULTIPLAYER PADA GAME TRADISIONAL BENTENGAN “BENTENG RAYA” BERBASIS ANDROID]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan TA_Final_removed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (616kB)
Abstract
The rapid advancement of network technology has significantly enhanced the quality and interactivity of online multiplayer games. This study explores the
implementation of a networking system using Photon PUN 2 in a multiplayer Android game titled "Benteng Raya", which adopts a base defense gameplay style requiring team coordination to repel enemy attacks. Photon PUN 2 is utilized as the core networking framework due to its capabilities in handling real-time communication, event management, room-based matchmaking, and data synchronization between Players. The development follows a client-server
architecture where Photon Cloud acts as the relay server to maintain consistent gameplay states. Key features such as synchronized Player movement, shooting mechanics, and real-time health updates were integrated. The testing phase was
conducted on Android devices using both Wi-Fi and mobile networks to assess performance, synchronization accuracy, and session stability. Results show that Photon PUN 2 successfully maintains synchronization and performance with up to 8 Players per room, while also delivering stable gameplay and low latency across different network conditions. This indicates that Photon PUN 2 is a reliable solution for managing real-time multiplayer ecosystems on mobile platforms.
Kemajuan teknologi jaringan telah mendorong peningkatan kualitas interaksi dalam permainan daring secara signifikan. Penelitian ini membahas implementasi sistem jaringan menggunakan Photon PUN 2 pada game Android multiplayer berjudul "Benteng Raya", yang mengusung konsep permainan pertahanan markas (base defense) dengan kerja sama tim untuk menghadang serangan musuh. Photon PUN 2 dipilih sebagai kerangka jaringan utama karena kemampuannya dalam menangani
komunikasi waktu nyata (real-time), manajemen event, pembuatan dan pengelolaan room, serta sinkronisasi data antar pemain. Proses pengembangan mengikuti arsitektur client-server di mana Photon Cloud bertindak sebagai server relay untuk menjaga konsistensi status permainan. Fitur utama seperti sinkronisasi pergerakan pemain, mekanisme serangan, dan pembaruan status nyawa secara real-time
berhasil diimplementasikan. Pengujian dilakukan pada perangkat Android menggunakan koneksi Wi-Fi dan data seluler untuk mengukur performa, akurasi sinkronisasi, serta stabilitas sesi permainan. Hasil menunjukkan bahwa Photon
PUN 2 mampu menjaga performa dan sinkronisasi dengan baik hingga 8 pemain per sesi, serta memberikan pengalaman bermain yang stabil dengan latensi yang rendah di berbagai kondisi jaringan. Hal ini membuktikan bahwa Photon PUN 2
merupakan solusi andal untuk pengelolaan ekosistem multiplayer secara real-time pada platform mobile.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Yeni Nurhasanah, S.Pd., M.T., selaku Pembimbing I 2. Rido Galih Alief, M.A.B., selaku Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Photon PUN 2, Android game, networking, multiplayer, real-time synchronization, game Android, jaringan, multiplayer, sinkronisasi waktu nyata, Benteng Raya |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Muhammad Jafar Sodiq |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 03:30 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 03:30 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2393 |