PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI DAN MENGENAL KONSEP TIPOGRAFI DAN KOMPOSISI VISUAL DESAIN GRAFIS

Muhammad, Fariza (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI DAN MENGENAL KONSEP TIPOGRAFI DAN KOMPOSISI VISUAL DESAIN GRAFIS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI DAN MENGENAL KONSEP TIPOGRAFI DAN KOMPOSISI VISUAL DESAIN GRAFIS] Text (PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI DAN MENGENAL KONSEP TIPOGRAFI DAN KOMPOSISI VISUAL DESAIN GRAFIS)
organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Graphic design is an important skill in the digital era, but is often considered
difficult by teenagers. This study aims to develop an interactive educational game
based on the Game Development Life Cycle (GDLC) to help students of SMK
Negeri 7 Jakarta understand the concepts of typography and visual composition of
graphic design in a fun way. This game was designed using Unity and tested through
Alpha and Beta Testing methods to determine its quality and effectiveness. Data
collection was carried out through observation, documentation, questionnaires,
and pre- and post-tests. The results of the study show that the use of interactive
educational games can improve students' understanding of graphic design

materials and increase their engagement in the learning process. With a game-
based learning approach, students can learn in a more enjoyable, efficient, and

appropriate way to the characteristics of today's digital generation.
Keywords: Graphic Design, Interactive Educational Games, GDLC, Digital
Learning

Desain grafis merupakan keterampilan penting di era digital, namun sering
dianggap sulit oleh remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game
edukasi interaktif berbasis Game Development Life Cycle (GDLC) guna membantu
siswa SMK Negeri 7 Jakarta memahami konsep tipografi dan komposisi visual
desain grafis secara menyenangkan. Game ini dirancang menggunakan Unity dan
diuji melalui metode Alpha dan Beta Testing untuk mengetahui kualitas dan
efektivitasnya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi,
kuesioner, dan pre-test serta post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan game edukasi interaktif mampu meningkatkan pemahaman siswa
terhadap materi desain grafis serta meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses
belajar. Dengan pendekatan pembelajaran berbasis game, siswa dapat belajar
dengan cara yang lebih menyenangkan, efisien, dan sesuai dengan karakteristik
generasi digital saat ini.
Kata Kunci: Desain Grafis, Game Edukasi Interaktif, GDLC, Pembelajaran
Digital

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Pembimbing 1 : Cholid Mawardi, S.Kom., M.T., 2. Pembimbing 2 : Sari Setyaning Tyas, M.Ti.,
Uncontrolled Keywords: Keywords: Graphic Design, Interactive Educational Games, GDLC, Digital Learning Kata Kunci: Desain Grafis, Game Edukasi Interaktif, GDLC, Pembelajaran Digital
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 702 Aneka ragam tentang kesenian dan karya seni
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Fariza Muhammad
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:22
Last Modified: 15 Aug 2025 08:22
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2455

Actions (login required)

View Item
View Item