Muhammad, Fariza (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI DAN MENGENAL KONSEP TIPOGRAFI DAN KOMPOSISI VISUAL DESAIN GRAFIS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI DAN MENGENAL KONSEP TIPOGRAFI DAN KOMPOSISI VISUAL DESAIN GRAFIS [thumbnail of PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI DAN MENGENAL KONSEP TIPOGRAFI DAN KOMPOSISI VISUAL DESAIN GRAFIS]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Graphic design is an important skill in the digital era, but is often considered
difficult by teenagers. This study aims to develop an interactive educational game
based on the Game Development Life Cycle (GDLC) to help students of SMK
Negeri 7 Jakarta understand the concepts of typography and visual composition of
graphic design in a fun way. This game was designed using Unity and tested through
Alpha and Beta Testing methods to determine its quality and effectiveness. Data
collection was carried out through observation, documentation, questionnaires,
and pre- and post-tests. The results of the study show that the use of interactive
educational games can improve students' understanding of graphic design
materials and increase their engagement in the learning process. With a game-
based learning approach, students can learn in a more enjoyable, efficient, and
appropriate way to the characteristics of today's digital generation.
Keywords: Graphic Design, Interactive Educational Games, GDLC, Digital
Learning
Desain grafis merupakan keterampilan penting di era digital, namun sering
dianggap sulit oleh remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game
edukasi interaktif berbasis Game Development Life Cycle (GDLC) guna membantu
siswa SMK Negeri 7 Jakarta memahami konsep tipografi dan komposisi visual
desain grafis secara menyenangkan. Game ini dirancang menggunakan Unity dan
diuji melalui metode Alpha dan Beta Testing untuk mengetahui kualitas dan
efektivitasnya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi,
kuesioner, dan pre-test serta post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan game edukasi interaktif mampu meningkatkan pemahaman siswa
terhadap materi desain grafis serta meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses
belajar. Dengan pendekatan pembelajaran berbasis game, siswa dapat belajar
dengan cara yang lebih menyenangkan, efisien, dan sesuai dengan karakteristik
generasi digital saat ini.
Kata Kunci: Desain Grafis, Game Edukasi Interaktif, GDLC, Pembelajaran
Digital