Utami Sedono, Sarah (2025) PERANCANGAN ILUSTRASI GAMECARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MUHADATSAH UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN ILUSTRASI GAMECARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MUHADATSAH UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA [thumbnail of PERANCANGAN ILUSTRASI GAMECARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MUHADATSAH UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SARAH UTAMI SEDONO_2290442135.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (658kB)
Abstract
Penguasaan Bahasa Arab, terutama dalam kemampuan berbicara (percakapan), merupakan tantangan bagi siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam lingkungan pesantren modern. Banyak siswa menghadapi tantangan dalam membentuk kalimat, memiliki keterbatasan kosakata, dan merasa kurang percaya diri saat berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran dalam bentuk ilustrasi kartu permainan yang mendukung proses belajar muhadatsah secara interaktif dan menyenangkan. Metode yang diterapkan meliputi wawancara, observasi, kajian pustaka, dan analisis terhadap audiens yang dituju. Media dibuat dalam format kartu interaktif yang dilengkapi dengan ilustrasi dan terdiri dari tujuh kategori tema kosakata, seperti hewan, alat tulis, buah-buahan, sayuran, dan lainnya, serta disertai dengan media pendukung berupa buku catatan, pin, dan gantungan kunci. Hasil dari proses perancangan menunjukkan bahwa tampilan yang menarik, pemanfaatan ilustrasi bertema, serta penerapan metode permainan pendidikan dapat membantu siswa untuk lebih memahami kosakata dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam muhadatsah. Perancangan ini diharapkan dapat menjadi pilihan alternatif dalam pembelajaran Bahasa Arab yang lebih komunikatif, kreatif, dan relevan dengan konteks.
Kata kunci: muhadatsah, Bahasa Arab, gamecard, media pembelajaran.
Achieving proficiency in Arabic, especially in the area of muhadatsah (conversation), continues to be a significant challenge for junior high school students in contemporary Islamic boarding schools. Numerous students face difficulties with forming sentences, possess a limited vocabulary, and experience a lack of confidence when speaking Arabic. This research intends to create an educational tool in the shape of illustrated game cards to enhance the muhadatsah learning experience in a fun and interactive manner. The research techniques consist of conducting interviews, observing behavior, reviewing existing literature, and analyzing the intended audience. The primary result is a collection of interactive illustrated cards organized into seven vocabulary themes, including animals, stationery, fruits and vegetables, among others. Supporting materials, including notebooks, pins, and keychains, are also created to enhance the retention of vocabulary. The findings indicate that the use of appealing visuals, thematic drawings, and educational games enhances students' vocabulary comprehension and boosts their involvement in muhadatsah. This design aims to provide a different option for enhancing the communication, creativity, and contextual understanding of Arabic language education.
Keyword: muhadatsah, Arabic Language, gamecard, educational media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Lani Siti Noor Aisyah, S.Ds,. M.Ds., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Zainul Hakim, S.A., M.Pd.I., sebagai Dosen Pembimbing II. |
Uncontrolled Keywords: | muhadatsah, Bahasa Arab, gamecard, media pembelajaran, muhadatsah, Arabic Language, gamecard, educational media |
Subjects: | 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 400 Bahasa 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Sarah Utami Sedono |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 02:38 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 02:38 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2498 |