Irawan, Candra (2025) HARMONISASI ELEMEN NARRATIVE DAN TYCOON UNTUK PENGALAMAN IMERSIF DALAM PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN GAME “DUNGEON SEBLAK”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![HARMONISASI ELEMEN NARRATIVE DAN TYCOON UNTUK PENGALAMAN IMERSIF DALAM PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN GAME “DUNGEON SEBLAK” [thumbnail of HARMONISASI ELEMEN NARRATIVE DAN TYCOON UNTUK PENGALAMAN IMERSIF DALAM PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN GAME “DUNGEON SEBLAK”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN Tugas Akhir Candra Irawan (1)-1-13.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
This study focuses on the design and development of Dungeon Seblak, a
fantasy-themed game in which players manage a hotpot restaurant hidden
deep within a dungeon. The game combines two primary elements in its
design: a strong narrative and tycoon-style resource management
mechanics. The narrative component adds emotional depth and player
attachment through interactions with various unique characters, while the
tycoon aspect challenges players to manage ingredient stocks, time, and
make strategic decisions to keep the restaurant running. This hybrid
gameplay model offers the potential for an immersive experience but also
presents design challenges in balancing these elements. To address this, the
study adopts the Double Diamond Design Model as a framework for
exploring and developing a harmonious integration between narrative and
gameplay systems. The main objective is to ensure that narrative richness
enhances, rather than disrupts, player engagement and enjoyment.
Penelitian ini membahas perancangan dan pengembangan Dungeon Seblak,
sebuah game berlatar dunia fantasi di mana pemain mengelola restoran
hotpot yang tersembunyi di dalam sebuah dungeon. Game ini
menggabungkan dua elemen utama dalam desainnya: naratif yang kuat dan
mekanik tycoon berbasis manajemen sumber daya. Elemen naratif
memberikan kedalaman emosional dan keterikatan dengan karakter yang
ditemui selama permainan, sementara aspek tycoon menantang pemain
untuk mengatur stok bahan makanan, mengelola waktu, serta membuat
keputusan strategis demi kelangsungan restorannya. Kombinasi kedua
elemen ini berpotensi menciptakan pengalaman bermain yang imersif,
namun juga menghadirkan tantangan desain dalam menyeimbangkan
keduanya. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan Model Desain
Double Diamond untuk mengeksplorasi dan mengembangkan integrasi yang
harmonis antara narasi dan mekanik permainan. Tujuan utamanya adalah
memastikan bahwa kekuatan cerita dapat berjalan seiring dengan keseruan
gameplay tanpa saling mengganggu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Candra Irawan |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 02:32 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 02:32 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2513 |