Septian Aldi, Wisnu (2024) PERANCANGAN KARTU PERMAINAN MENGENAI PENGENALAN BAHASA ISYARAT KEPADA MASYRAKAT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN KARTU PERMAINAN MENGENAI PENGENALAN BAHASA ISYARAT KEPADA MASYRAKAT 0 [thumbnail of PERANCANGAN KARTU PERMAINAN MENGENAI PENGENALAN BAHASA ISYARAT KEPADA MASYRAKAT 0]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2024_C_32_Wisnu Septian Aldi_Laporan-1-14.pdf
Download (597kB)
Abstract
For people with hearing impairments, sign language is essential for
communication. The game cards created contain various basic sign language
signs that are commonly used in everyday life. However, the general public
still has very little understanding of sign language. The methods used include
observation, interviews, and literature studies. The purpose of this study was
to create fun and interactive educational game cards that can help people learn
sign language. To gather feedback and ensure that the game is effective and
useful, trials were conducted on various community groups. The results of the
study showed that these game cards can improve people's understanding of
sign language and public awareness of it. They can also help the general
public and people with hearing impairments communicate more effectively.
Bagi orang dengan gangguan pendengaran, bahasa isyarat sangat penting
untuk berkomunikasi. Kartu permainan yang dibuat ini mengandung berbagai
tanda bahasa isyarat dasar yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Meskipun, masyarakat umum masih sangat kurang memahami bahasa isyarat.
Metode yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan studi literatur.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat kartu permainan edukatif yang
menyenangkan dan interaktif yang dapat membantu orang belajar bahasa
isyarat. Untuk mengumpulkan umpan balik dan memastikan bahwa
permainan ini efektif dan bermanfaat, uji coba dilakukan pada berbagai
kelompok masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kartu permainan
ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bahasa isyarat dan
kesadaran masyarakat tentangnya. Mereka juga dapat membantu masyarakat
umum dan orang dengan gangguan pendengaran berkomunikasi dengan cara
yang lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Hari Purnomo selaku Pembimbing I Laporan Tugas Akhir. Anggun Gunawan, S.Fil., M.A. selaku Penguji II Laporan Tugas Akhir. |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Sign language, Game cards, design. Kata Kunci : Bahasa isyarat, kartu permainan, perancangan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 02:06 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 02:06 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/258 |