RAFI RAMADHAN DIMAS, DIMAS (2024) PERANCANGAN REBRANDING IDENTITAS VISUAL PT SUCOFINDO. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN REBRANDING IDENTITAS VISUAL PT SUCOFINDO [thumbnail of PERANCANGAN REBRANDING IDENTITAS VISUAL PT SUCOFINDO]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2024_E_10_DIMAS RAFI RAMADHAN_Laporan-1-14.pdf
Download (1MB)
Abstract
PT SUCOFINDO is a company engaged in survey services, namely inspection,
testing and certification. PT SUCOFINDO has experienced significant
development of its services since the last rebranding of its logo in 1989. However,
this development has not been accompanied by a visual identity adapted to the
times. Apart from this, PT SUCOFINDO does not have a Graphic Standard Manual
as a guideline to using the visual identity. Based on the above background, the
design has been carried out with the main work of the Graphic Standard Manual
and supporting works used as a visual identity application. The objective of this
design is that PT SUCOFINDO can build a corporate image in accordance with
existing guidelines. The author initiated the design of a visual identity rebranding
with the concept of design thinking. The theory is supported by methodology in the
form of observation, interviews, and literature studies. Based on these theories and
methodologies, the author designed the visual identity by dividing the process into
pre-production, production, and post-production. The author hopes that this
Graphic Standard Manual book can be the right support to provide guidance to
businesses to maintain their brand image.
PT SUCOFINDO merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa survei yaitu
inspeksi, pengujian, dan sertifikasi. PT SUCOFINDO mengalami perkembangan
layanan jasa yang signifikan sejak terakhir kali perusahaan memperbaharui logo di
tahun 1989. Namun, perkembangan tersebut tidak diiringi dengan identitas visual
yang menyesuaikan dengan zaman. Selain itu, PT SUCOFINDO tidak memiliki
Graphic Standard Manual sebagai pedoman penggunaan identitas visual.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka perancangan telah dilakukan dengan hasil
karya utama Graphic Standard Manual serta karya pendukung yang digunakan
sebagai pengaplikasian identitas visual. Perancangan ini bertujuan sebagai upaya
membangun citra perusahaan sesuai dengan pedoman yang ada. Perancangan
rebranding identitas visual menggunakan teori design thinking. Teori tersebut
didukung dengan metodologi yang berupa observasi, wawancara, dan studi pustaka.
Berdasarkan teori dan metodologi tersebut, penulis merancang identitas visual
dengan membagi proses menjadi pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi.
Penulis berharap bahwa Graphic Standard Manual ini dapat menjadi media yang
tepat dalam memberi panduan terhadap PT SUCOFINDO agar tetap menjaga citra
perusahaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Lani Siti Noor Aisyah, M.Ds., Muhammad Ridwan Ario Bimo, M.Sn., |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Rebranding, Graphic Standard Manual, survey, brand image. Kata kunci: Rebranding, Graphic Standard Manual, survei, citra perusahaan. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 02:28 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 02:28 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/260 |