STRATEGI PESAN VISUAL NARATIF DALAM KONTEN VIDEO REELS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @khatrav.id UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT

Ilham Ramadhan, Muhammad (2025) STRATEGI PESAN VISUAL NARATIF DALAM KONTEN VIDEO REELS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @khatrav.id UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR STRATEGI PESAN VISUAL NARATIF DALAM KONTEN VIDEO REELS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @khatrav.id UNTUK MENINGKATKAN  ENGAGEMENT] Text (LAPORAN TUGAS AKHIR STRATEGI PESAN VISUAL NARATIF DALAM KONTEN VIDEO REELS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @khatrav.id UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT)
Naskah Laporan Tugas Akhir_Muhammad Ilham Ramadhan_NIM.2270404068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

In today's digital age, social media has become an integral part of daily life. With the large number of social media users in Indonesia, brands and companies are leveraging social media as the fastest way to connect with consumers. This is also the case for Hajj and Umrah travel services, one of which is Khatrav. Khatrav is a brand offering Umrah, Hajj, and halal travel services that has been operating since 2009. In its Instagram promotions, Khatrav faced the issue of low engagement on its Reels video content. This final project aims to identify the strategy for creating Reels video content on the @khatrav.id account to increase engagement by 2025. The final project was conducted from January to June, utilizing STP and AISAS analysis, as well as observation methods, literature review, and internet data collection. The results showed a significant increase, with the number of followers rising from 4,745 to 5,491. The best Reels video content during that period achieved 1,560 views, 43 likes, 2 comments, 17 shares, and 8 saves.

Keywords: Instagram, Video Reels Content, Engagement, Khatrav

Di Era digital seperti sekarang, media sosial menjadi hal yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dengan banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, membuat merek atau perusahaan memanfaatkan media sosial sebagai cara tercepat untuk terhubung dengan konsumen. Begitu juga dengan jasa pelayanan keberangkatan haji dan umrah, salah satunya adalah Khatrav. Khatrav adalah merek jasa perjalanan umrah, haji, dan wisata halal yang beroperasi sejak 2009. Dalam promosinya di Instagram, Khatrav menghadapi masalah rendahnya engagement pada konten video reels. Tugas akhir ini bertujuan mengetahui strategi pembuatan konten video reels di akun @khatrav.id untuk meningkatkan engagement pada tahun 2025. Penulisan tugas akhir ini, dilakukan Januari–Juni dengan analisis STP dan AISAS, serta metode observasi, studi pustaka, dan pengumpulan data internet. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan, dengan jumlah pengikut naik dari 4.745 menjadi 5.491. Konten video reels terbaik dalam periode tersebut meraih 1.560 tayangan, 43 likes, 2 komentar, 17 shares, dan 8 saves.

Kata Kunci: Instagram, Konten Video Reels, Engagement, Khatrav

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sartika Ekadyasa, S.Kom., M.I.Kom., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Firda Nida Fauziyyah, S.I.Kom. sebagai Dosen Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: Instagram, Video Reels Content, Engagement, Khatrav, Instagram, Konten Video Reels, Engagement, Khatrav
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 305 Kelompok-kelompok sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Muhammad Ilham Ramadhan
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:41
Last Modified: 23 Sep 2025 06:41
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2635

Actions (login required)

View Item
View Item