Krisnanto, Nouval (2025) PERANCANGAN ILUSTRASI BOARD GAME EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ALFABET UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN ILUSTRASI BOARD GAME EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ALFABET UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN [thumbnail of PERANCANGAN ILUSTRASI BOARD GAME EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ALFABET UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2025_B_21_NOUVAL DWIE KRISNANTO_laporan TA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (990kB)
Abstract
ABSTRACT
Early childhood education is a crucial stage in children's cognitive development, where they begin to learn various basic concepts that will serve as the foundation for their academic abilities in the future. However, current conventional learning methods, such as memorization and repetition, are often less engaging, which reduces children’s active participation in the learning process. In response to this issue, the author proposes the design of an educational board game as an alternative medium for introducing the alphabet in a way that is easy to understand and interactive, through the development of illustrations in an alphabet-themed board game. The main focus of this design is to create character illustrations, visual elements, game board layouts, guidebooks, alphabet cards, and challenge cards. The board game is sized at 38 x 38 cm with a spiral game path, equipped with 26 alphabet cards representing the letters A to Z, along with 22 challenge cards. The game is designed as a fast-paced race to the finish, where players roll the dice and follow the instructions based on the space they land on. This board game is expected to serve as an interactive and easy-to-understand learning medium for alphabet recognition for young children, both for parents and educators. In addition, it is also expected to contribute to early childhood education and inspire the creation of other, more creative and innovative learning media in the future.
Keyword: Board game, Alphabet Letters, Early Childhood.
ABSTRAK
Pendidikan anak usia dini merupakan tahap penting dalam perkembangan kognitif anak, dimana mereka mulai mengenal berbagai konsep dasar yang akan menjadi fondasi bagi kemampuan akademik di masa depan. Namun saat ini metode pembelajaran konvensional seperti hafalan dan pengulangan sering kali kurang menarik, sehingga menurunkan partisipasi aktif anak dalam proses belajar. Sebagai respon terhadap permasalahan di atas, maka penulis menggagas sebuah perancangan board game edukatif sebagai media alternatif pengenalan alfabet yang mudah dipahami dan interaktif melalui pengembangan ilustrasi pada board game edukatif bertema pengenalan alfabet. Fokus utama dalam perancangan ini adalah menciptakan ilustrasi karakter, elemen visual, tata letak papan permainan, buku panduan, kartu alfabet, dan kartu tantangan. Board game ini berukuran 38 x 38 cm dengan jalur permainan spiral, dilengkapi dengan 26 kartu alfabet yang mewakili huruf A–Z serta 22 kartu tantangan. Jenis permainan ini berupa balapan cepat menuju garis finish, dimana pemain melempar dadu dan menjalankan instruksi berdasarkan kotak yang ditempati. Board game ini diharapkan menjadi media pembelajaran pengenalan alfabet yang mudah dipahami dan interaktif bagi anak usia dini, baik untuk orang tua maupun tenaga pengajar. Selain itu juga dapat memberikan manfaat bagi dunia pendidikan anak usia dini serta menginspirasi terciptanya media pembelajaran lain yang lebih kreatif dan inovatif di masa depan.
Kata Kunci: Board game, Huruf Alfabet, Anak Usia Dini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Lani Siti Noor Aisyah, M.Ds., Sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Citra Lamda Eka Nur, S.SN., M.I.Kom., Sebagai Dosen Pembimbing II; |
Uncontrolled Keywords: | Board game, Alphabet Letters, Early Childhood, Board game, Huruf Alfabet, Anak Usia Dini. |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Nouval Dwie Krisnanto |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 07:38 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 07:38 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2741 |