PERANCANGAN ULANG DESAIN USER INTERFACE PADA APLIKASI MOBILE JKN UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK VISUAL MENGGUNAKAN METODE DESIGN SPRINT

Abdullah, Rafi Adham (2025) PERANCANGAN ULANG DESAIN USER INTERFACE PADA APLIKASI MOBILE JKN UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK VISUAL MENGGUNAKAN METODE DESIGN SPRINT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN ULANG DESAIN USER INTERFACE PADA  APLIKASI MOBILE JKN UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK  VISUAL MENGGUNAKAN METODE DESIGN SPRINT] Text (PERANCANGAN ULANG DESAIN USER INTERFACE PADA APLIKASI MOBILE JKN UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK VISUAL MENGGUNAKAN METODE DESIGN SPRINT)
Preliminary _Rafi Adham Abdullah_21240107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (861kB)

Abstract

Redesign the interface of the Mobile JKN application to improve visual appeal and the
quality of the user experience. Problems identified include an unattractive display,
confusing navigation, and low usability. The method used is Design Sprint, which
consists of five main stages: Understand, Sketch, Decide, Prototype, and Test.
Evaluation was conducted using the User Experience Questionnaire (UEQ) to measure
six dimensions of user experience. The test results showed a significant improvement
after the redesign, with the final scores for each dimension as follows: Attractiveness
of 1.73; Perspicuity of 1.69; Efficiency of 1.87; Dependability of 1.78; Stimulation of
1.81; and Novelty of 1.62. All scores are in the good to very good category, so it can be
concluded that the redesign process using the Design Sprint method successfully
improved the overall quality of the Mobile JKN application interface.

Perancangan ulang antarmuka aplikasi Mobile JKN guna meningkatkan daya tarik
visual dan kualitas pengalaman pengguna. Permasalahan yang diidentifikasi meliputi
tampilan yang kurang menarik, navigasi yang membingungkan, serta efisiensi
penggunaan yang rendah. Metode yang digunakan adalah Design Sprint, yang terdiri
dari lima tahapan utama: Understand, Sketch, Decide, Prototype, dan Test. Evaluasi
dilakukan dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) untuk
mengukur enam dimensi pengalaman pengguna. Hasil pengujian menunjukkan
peningkatan signifikan setelah perancangan ulang, dengan skor akhir masing-masing
dimensi sebagai berikut: Attractiveness sebesar 1,73; Perspicuity sebesar 1,69;
Efficiency sebesar 1,87; Dependability sebesar 1,78; Stimulation sebesar 1,81; dan
Novelty sebesar 1,62. Seluruh skor tersebut berada pada kategori baik hingga sangat
baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa proses perancangan ulang menggunakan
metode Design Sprint berhasil meningkatkan kualitas antarmuka aplikasi Mobile JKN
secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Yeni Nurhasanah, M.T., Pembimbing I Muhamad Ridwan, S.I.Kom, MM., Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Keywords: UI/UX, Mobile JKN, Design Sprint, UEQ, health app. Kata kunci: UI/UX, Mobile JKN, Design Sprint, UEQ, aplikasi kesehatan.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Rafi Adham Abdullah
Date Deposited: 21 Aug 2025 08:21
Last Modified: 21 Aug 2025 08:21
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2743

Actions (login required)

View Item
View Item