PERANCANGAN BUKU CERITA POP-UP BERJUDUL “PETUALANGAN LICA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PESERTA DIDIK TK ARFANDA

Haekal, Rauzan (2025) PERANCANGAN BUKU CERITA POP-UP BERJUDUL “PETUALANGAN LICA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PESERTA DIDIK TK ARFANDA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN BUKU CERITA POP-UP BERJUDUL “PETUALANGAN LICA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PESERTA DIDIK TK ARFANDA] Text (PERANCANGAN BUKU CERITA POP-UP BERJUDUL “PETUALANGAN LICA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PESERTA DIDIK TK ARFANDA)
TA2025_D_25_RAUZAN HAEKAL ISNAENI_Repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (721kB)

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan anak usia dini, khususnya di taman kanak-kanak, merupakan tahap penting dalam membentuk kepribadian dan keterampilan sosial anak. Salah satu media yang dapat mendukung proses belajar secara menyenangkan adalah buku interaktif seperti buku Pop-up. Namun, hasil observasi di TK Arfanda menunjukkan bahwa ketersediaan buku Pop-up masih terbatas dan tingkat kerusakannya tinggi akibat antusiasme siswa yang besar. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, penulis merancang buku Pop-up berjudul Petualangan Lica, yang mengangkat tema petualangan seekor kelinci di hutan untuk memperkenalkan berbagai jenis hewan kepada anak-anak. Proses perancangan meliputi riset, pembuatan sketsa, digitalisasi aset visual, dan penyusunan tata letak grafis. Hasil akhirnya adalah media pembelajaran yang tidak hanya menarik secara visual dan interaktif, tetapi juga memberikan pengalaman eksploratif yang menyenangkan bagi anak-anak.
Kata kunci: Buku Pop-up, pendidikan anak, media interaktif, desain grafis, literasi anak.

ABSTRACT
Early childhood education, especially in kindergarten, is a critical stage in shaping children’s personality and social skills. One effective learning medium that engages young learners is interactive media, such as Pop-up books. However, observations at Arfanda Kindergarten revealed that Pop-up books are limited and often damaged due to students’ high enthusiasm. To address this issue, the author designed a Pop-up book titled Lica’s Adventure, which tells the story of a rabbit exploring the forest and introducing various animals to children. The design process involved research, sketching, visual asset digitization, and graphic layout arrangement. The final result is a learning medium that is not only visually and interactively engaging, but also offers children an enjoyable and explorative experience.
Keywords: Pop-up book, early education, interactive media, graphic design, child literacy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Anggun Gunawan, S.Fil., M.A. 2. Citrani Eka Lamda nur, S.sn, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Buku Pop-up, pendidikan anak, media interaktif, desain grafis, literasi anak. Keywords: Pop-up book, early education, interactive media, graphic design, child literacy.
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Rauzan Haekal isnaeni
Date Deposited: 19 Aug 2025 04:51
Last Modified: 19 Aug 2025 04:51
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2800

Actions (login required)

View Item
View Item