PENGELOLAAN AKUN TIKTOK @SIVIME.ID UNTUK MEMBANGUN AWARENESS PERIODE MARET - MEI 2025

Koirunissa, Siti (2025) PENGELOLAAN AKUN TIKTOK @SIVIME.ID UNTUK MEMBANGUN AWARENESS PERIODE MARET - MEI 2025. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pengelolaan Akun TikTok @sivime.id Untuk Membangun Awareness Periode Maret - Mei 2025] Text (Pengelolaan Akun TikTok @sivime.id Untuk Membangun Awareness Periode Maret - Mei 2025)
Laporan Tugas Akhir-Siti Koirunissa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sivime is a job information portal launched in January 2025 by Media Muscle under PT. Citra Media Prisma. The platform was created to address the public’s need especially job seekers for fast and relevant job vacancy information. As a newly introduced brand, Sivime had yet to establish strong awareness on social media. Therefore, effective digital communication was essential. TikTok was chosen as the platform due to its broad audience reach and engaging short video format that easily captures user attention. The author managed the TikTok account @sivime.id through several stages, including content idea planning, production, and performance analysis based on content pillars: education, promotion, and entertainment. To evaluate content effectiveness, the AISAS model (Attention, Interest, Search, Action, Share) was applied. Throughout the period of March to May 2025, the TikTok account showed significant increases in views, likes, profile visits, and other interactions especially from the For You Page. This indicates that using content aligned with the audience's interests effectively helped build awareness of the @sivime.id account.
Keywords: TikTok, Awareness, Job Portal, Sivime

Sivime adalah portal informasi lowongan kerja yang diluncurkan pada Januari 2025 oleh Media Muscle di bawah PT. Citra Media Prisma. Platform ini hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat, terutama kalangan pencari kerja,
akan akses informasi yang cepat dan relevan. Sebagai brand baru, Sivime belum memiliki awareness yang kuat di media sosial. Oleh karena itu, dibutuhkan komunikasi digital yang tepat. TikTok dipilih sebagai platform karena memiliki
jangkauan audiens yang luas serta format konten video pendek yang interaktif dan mudah menarik perhatian. Penulis mengelola akun TikTok @sivime.id melalui beberapa tahap, mulai dari perencanaan ide, proses produksi konten, hingga analisis performa berdasarkan pilar, edukasi, promosi, dan hiburan. Untuk menilai efektifitas konten, serta menggunakan penerapan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) sebagai alat analisis. Selama periode Maret hingga Mei 2025, akun TikTok Sivime menunjukkan peningkatan dari segi tayangan, jumlah suka, kunjungan profil, dan interaksi lainnya, terutama melalui For You Page. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan konten yang sesuai dengan target audiens berhasil membangun awareness terhadap akun @sivime.id
Kata kunci: TikTok, Awareness, Portal Kerja, Sivime

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Pembimbing I : Sartika Ekadyasa, S.Kom, M.I.Kom 2. Pembimbing II : Ratna Puspitasari Ardjani, M.FB
Uncontrolled Keywords: Keywords: TikTok, Awareness, Job Portal, Sivime Kata kunci: TikTok, Awareness, Portal Kerja, Sivime
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Siti Koirunissa
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:13
Last Modified: 20 Aug 2025 03:13
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2834

Actions (login required)

View Item
View Item