Handayani, Mutia (2025) PEMBUATAN IKLAN PRODUK ANIMASI 2D SEBAGAI SARANA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JANGKAUAN PASAR UMKM PADA DAPUR AL ANSHOR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN IKLAN PRODUK ANIMASI 2D SEBAGAI SARANA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JANGKAUAN PASAR UMKM PADA DAPUR AL ANSHOR [thumbnail of PEMBUATAN IKLAN PRODUK ANIMASI 2D SEBAGAI SARANA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JANGKAUAN PASAR UMKM PADA DAPUR AL ANSHOR]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR MUTIA HANDAYANI 2290473066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (794kB)
Abstract
Dalam era digital yang semakin berkembang, media promosi berbasis animasi menjadi salah satu strategi komunikasi visual yang efektif dalam menarik perhatian konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan studi Pustaka. Tahapan animasi mulai dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi menggunakan perangkat lunak Adobe Animate Creative Cloud 2021. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah video iklan animasi 2D berdurasi 50 detik yang menampilkan visual serta keunggulan produk Dapur Al Anshor secara menarik dan mudah dipahami. Iklan ini dirancang untuk dipublikasikan melalui media sosial sebagai promosi yang efisien dan mudah dijangkau target pasar yang lebih luas. Dengan demikian, animasi 2D dapat meningkatkan daya tarik produk dan meningkatkan penjualan.
Kata kunci : Promosi, 2D, Adobe Animate, UMKM.
In this fast development of digital era, animation based promotion media became one of the effective visual communication strategy to grab audience's attention. The methods that are used in this research are, interview, literature review, observation, and also animation steps starts from pra production, production, pasca provinsi using softwares like adobe animate creative cloud 2021. The result of this research is a advertising video and the capabilitt of Dapur Al Anshor product is easy to understand. This advertisement was made to publisb through social media as a promotion that is effective and is accesable through wider target market. And with that, this 2d animatiln can improve the intrest of the procduct and the sales.
Keywords : promotion, 2d, adobe animate, UMKM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dewantoro Lase, S.Kom., M.Kom. ; 2. Sofi Andrianti, S.Pd., M.Sn. |
Uncontrolled Keywords: | Promosi, 2D, Adobe Animate, UMKM, promotion, 2d, adobe animate, UMKM. |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Medan |
Depositing User: | Mutia Handayani |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 02:45 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 02:45 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2953 |