Padilah, Riky (2025) Perancangan Permainan Edukatif "EduQuest" Upaya Meningkatkan Pemahaman Sejarah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinunukan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Perancangan Permainan Edukitf "EduQuest" Upaya Meningkatkan Pemahaman Sejarah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinunukan [thumbnail of Perancangan Permainan Edukitf "EduQuest" Upaya Meningkatkan Pemahaman Sejarah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinunukan]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Prelims.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (691kB)
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran sejarah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial masih menghadapi berbagai tantangan, seperti rendahnya minat siswa, metode penyampaian yang kurang variatif, serta terbatasnya media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Sebagai solusi, dirancanglah permainan edukatif bernama EduQuest yang memadukan unsur hiburan dan edukasi untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, menyenangkan, serta kontekstual. Permainan ini dirancang melalui tahapan terstruktur, mulai dari perumusan ide, pembuatan sketsa manual, hingga proses digitalisasi menggunakan perangkat lunak Adobe Illustrator Creative Cloud 2020. Produk akhir berupa permainan papan berbahan cloth surface berukuran 30 × 70 cm dengan konsep menyerupai Monopoly, dilengkapi kartu aksi dan kartu pertanyaan yang dapat disesuaikan oleh pengajar berdasarkan materi kurikulum. EduQuest diharapkan dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa serta pemahaman mereka terhadap materi sejarah IPS secara lebih mendalam dan menyenangkan.
Kata kunci: EduQuest, permainan edukatif, IPS, sejarah, media pembelajaran.
ABSTRACT
History education in Social Studies still faces various challenges, such as low student interest, lack of variety in teaching methods, and limited learning media that are suitable for the characteristics of students. As a solution, an educational game called EduQuest was designed, combining elements of entertainment and education to create an interactive, enjoyable, and contextual learning experience. The game was developed through structured stages, starting from idea formulation, manual sketching, to the digitalization process using Adobe Illustrator Creative Cloud 2020 software. The final product is a board game with a cloth surface measuring 30 × 70 cm, resembling Monopoly, complete with action cards and question cards that can be customized by teachers based on the curriculum material. EduQuest is expected to serve as an alternative learning medium capable of enhancing students' active participation and deepening their understanding of IPS history material in a more enjoyable manner.
Keywords: EduQuest, educational game, social studies, history, learning media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Haryati Ahda Nasution, S.Pd.M.Pd 2. fitri Evita, S.E., S.Pd., M.Sn |
Uncontrolled Keywords: | EduQuest, permainan edukatif, IPS, sejarah, media pembelajaran. EduQuest, educational game, social studies, history, learning media. |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 900 – Sejarah dan Geografi > 900 Sejarah > 900 Sejarah dan Geografi |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Riky Padilah |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 01:27 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 01:27 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2964 |