PERANCANGAN GRAPHIC STANDARD MANUAL SEBAGAI IDENTITAS VISUAL BRAND CLOTHING EJABE

Akmal Fauzan, Muhammad (2025) PERANCANGAN GRAPHIC STANDARD MANUAL SEBAGAI IDENTITAS VISUAL BRAND CLOTHING EJABE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN GRAPHIC STANDARD MANUAL SEBAGAI IDENTITAS VISUAL BRAND CLOTHING EJABE] Text (PERANCANGAN GRAPHIC STANDARD MANUAL SEBAGAI IDENTITAS VISUAL BRAND CLOTHING EJABE)
Preliminary Repositori.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Di era persaingan bisnis yang semakin ketat, identitas visual menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan, Identitas visual yang terstruktur dan terstandarisai memungkinkan suatu brand dapat membedakan dirinya dengan kompetitor sehingga lebih mudah dikenali oleh audiens. Salah satu langkah strategis dalam membangun identitas visual brand yang kuat adalah melalui perancangan Graphic Standard Manual (GSM). Panduan elemen visual yang terstandarisasi secara menyeluruh dalam GSM dapat membangun identitas visual brand dengan baik, sekaligus memudahkan brand dalam menerapkan komunikasi visual yang konsisten. Dalam hal ini, brand clothing Ejabe belum mempunyai identitas visual yang terstandarisasi dan konsisten, hal tersebut berpotensi membuat Ejabe akan kesulitan bersaing di industri karena kemungkinan akan kurang dikenali oleh audiens dalam proses komunikasi visual. Berdasarkan uraian tersebut, dilakukan perancangan identitas visual berupa logo untuk brand Ejabe yang kemudian disusun dalam Graphic Standard Manual (GSM) untuk menciptakan standarisasi dan konsistensi terhadap identitas visual brand. Graphic Standard Manual (GSM) disusun ke dalam 72 halaman yang mencakup aturan penggunaan logo dan elemen grafis lainnya. Melalui identitas visual yang terstandarisasi dalam Graphic Standard Manual (GSM), diharapkan dapat mendukung terciptanya citra merek yang kuat serta dapat membantu brand Ejabe dalam bersaing di industri.
Kata kunci: Graphic Standard Manual, Identitas Visual, Desain Merek

ABSTRACT
In an era of increasingly fierce business competition, visual identity has become an important aspect to consider. A well-structured and standardized visual identity allows a brand to differentiate itself from competitors, making it easier to be recognized by its audience. One strategic step in building a strong brand visual identity is through the development of a Graphic Standard Manual (GSM). A thoroughly standardized guide of visual elements in the GSM can effectively build a brand's visual identity while also facilitating the implementation of consistent visual communication.In this case, the clothing brand Ejabe has yet to establish a standardized and consistent visual identity. This condition may hinder Ejabe’s ability to compete in the industry, as it may be less recognizable to the audience during the process of visual communication. Based on this situation, a visual identity design in the form of a logo was created for the Ejabe brand, which was then compiled into a Graphic Standard Manual (GSM) to establish standardization and consistency in its visual identity.The Graphic Standard Manual (GSM) was compiled into 72 pages, encompassing the usage guidelines for the logo and other graphic elements. Through a standardized visual identity within the Graphic Standard Manual (GSM), it is expected to support the creation of a strong brand image and assist the Ejabe brand in competing within the industry.
Keyword: Graphic Standard Manual, Visual Identity, Branding

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Drs. Hari Purnomo, M.Sn., sebagai Dosen Pembimbing 1; 2. Anindita Budi Astuti, S.E., M.M., sebagai Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Graphic Standard Manual, Visual Identity, Branding, Graphic Standard Manual, Identitas Visual, Desain Merek
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Muhammad Akmal Fauzan
Date Deposited: 22 Aug 2025 08:17
Last Modified: 22 Aug 2025 08:17
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2967

Actions (login required)

View Item
View Item