Mahbub Murodif, Amru (2025) PERENCANAAN KONTEN INSTAGRAM HIYORI MEDIA KREASI UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERENCANAAN KONTEN INSTAGRAM HIYORI MEDIA KREASI UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT. [thumbnail of PERENCANAAN KONTEN INSTAGRAM HIYORI MEDIA KREASI UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT.]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR AMRU MAHBUB MURODIF_repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (798kB)
Abstract
This Final Project report discusses social media content planning to
increase engagement on Hiyori Media Kreasi's Instagram platform, which focuses
on Japanese and Korean culture. The company faced problems with inconsistent
engagement, lack of structured content planning, and lack of regular evaluation of
content performance, which resulted in an ineffective strategy in increasing
audience engagement. This paper aims to explain how content planning carried out
on Instagram can increase audience engagement from February to June 2025. This
paper uses direct observation and literature study methods. The results of this Final
Project discuss Hiyori Media Kreasi's Instagram social media content planning in
increasing audience engagement using the STP and AISAS methods. The analysis
results showed a significant increase in views, reach, and content interaction
metrics after the change in content strategy, although link clicks and followers still
showed a small increase. Based on the comparison of Instagram performance data,
a structured and relevant planning strategy proved effective in increasing audience
engagement.
Keywords: Content Planning, Social media, Engagement, Instagram, Hiyori
Media Kreasi
Laporan Tugas Akhir ini membahas perencanaan konten media sosial untuk
meningkatkan keterlibatan pada platform Instagram Hiyori Media Kreasi yang
berfokus pada budaya Jepang dan Korea. Perusahaan menghadapi masalah
keterlibatan yang tidak konsisten, kurangnya perencanaan konten yang terstruktur,
dan kurangnya evaluasi rutin terhadap kinerja konten yang menyebabkan strategi
kurang efektif dalam meningkatkan keterlibatan audiens. Penulisan ini bertujuan
untuk menjelaskan bagaimana perencanaan konten yang dilakukan di Instagram
dapat meningkatkan keterlibatan audiens pada bulan Februari hingga Juni 2025.
penulisan ini menggunakan metode observasi langsung dan Studi Pustaka. Hasil
Penulisan Tugas Akhir ini membahas perencanaan konten media sosial Instagram
Hiyori Media Kreasi dalam meningkatkan keterlibatan audiens menggunakan
metode STP dan AISAS. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan pada
metrik pandangan, mencapai, dan interaksi konten setelah perubahan strategi
konten, meskipun klik tautan dan pengikut masih menunjukkan peningkatan kecil.
Berdasarkan perbandingan data performa Instagram, strategi perencanaan yang
terstruktur dan relevan terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan audiens.
Kata kunci: Perencanaan Konten, Media Sosial, Keterlibatan, Instagram,
Hiyori Media Instagram
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Tipri Rose Kartika, MM sebagai Dosen Pembimbing I 2. OMAR YUSUF, M.M sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Content Planning, Social media, Engagement, Instagram, Hiyori Media Kreasi |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Amru Mahbub Murodif |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 02:27 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 02:27 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2993 |