OPTIMALISASI PENGGUNAAN VISUAL EFFECT PADA IKLAN SPRITE TERHADAP ENGAGEMENT MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Rafi Ramadhan, Muhammad (2025) OPTIMALISASI PENGGUNAAN VISUAL EFFECT PADA IKLAN SPRITE TERHADAP ENGAGEMENT MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of OPTIMALISASI PENGGUNAAN VISUAL EFFECT PADA IKLAN SPRITE TERHADAP ENGAGEMENT MEDIA SOSIAL INSTAGRAM] Text (OPTIMALISASI PENGGUNAAN VISUAL EFFECT PADA IKLAN SPRITE TERHADAP ENGAGEMENT MEDIA SOSIAL INSTAGRAM)
TA PRELIMS_MUHAMMAD RAFI RAMADHAN_2270404073_PERIKLANAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (445kB)

Abstract

ABSTRACT
As the need for attractive and high-quality advertisements increases, this final
project discusses how to optimize the use of Visual Effects (VFX) in Sprite
advertisements for Instagram social media engagement. There are several main
theories that form the author's basis, namely, STP Theory, AISAS Theory, Editing
Theory, Visual Effect Theory (VFX), and Instagram engagement Theory. The data
collection method used is observation through the author's involvement in the
research object, literature study, and interviews. The results of optimizing the use
of Visual Effects (VFX) produced an engagement rate of 9.36%, while the
previous advertisement only got a percentage of 0.183%. Therefore, the optimal
use of Visual Effects (VFX) is one of the factors for success in increasing
engagement.
Keywords : Visual Effect (VFX), PostKamling.Id, Instagram, Engagement

ABSTRAK
Seiring meningkatnya kebutuhan akan iklan yang menarik dan berkualitas tinggi.
Pada Tugas Akhir ini membahas bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan
Visual Effect (VFX) pada iklan Sprite terhadap engangement media sosial
instagram. Ada beberapa teori utama yang menjadi landasan penulis yaitu, Teori
STP, Teori AISAS, Teori Editing, Teori Visual Effect (VFX) dan Teori Instagram
engagement. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi melalui
keterlibatan penulis pada objek penelitian, studi pustaka dan wawancara. Hasil
dari optimalisasi penggunaan Visual Effect (VFX) menghasilkan engagement rate
sebesar 9,36%, sedangkan iklan sebelumnya hanya mendapat persentase 0,183%.
Maka dari itu penggunaan Visual Effect (VFX) yang optimal menjadikan salah
satu faktor keberhasilan peningkatan engagement.
Kata Kunci : Visual Effect (VFX, PostKamling.Id, Instagram, Engagement

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Raden Sulistiyo Wibowo, M.Sn. Pembimbing 2 : Naldo, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Visual Effect (VFX), PostKamling.Id, Instagram, Engagement, Visual Effect (VFX), PostKamling.Id, Instagram, Engagement
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 777 Sinematografi dan videografi
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Muhammad Rafi Ramadhan
Date Deposited: 21 Aug 2025 03:37
Last Modified: 21 Aug 2025 03:37
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3008

Actions (login required)

View Item
View Item