PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM SAMBAL SI NONA

Kirana, Alya Faiza Putri (2024) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM SAMBAL SI NONA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM SAMBAL SI NONA] Text (PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM SAMBAL SI NONA)
TA 2024_E_06_ALYA FAIZA PUTRI KIRANA_LAPORAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

In today's highly competitive business era, logos are an important
aspect of establishing a strong brand identity, creating visual
appeal, and conveying brand values to customers. One of the
common problems that occur in some MSMEs is the lack of visual
appeal, making it difficult for productsto compete in a competitive
market and looking outdated due to unresponsiveness to graphic
design trends. This research aims to give Sambal Si Nona a new
attractive face in accordance with the latest design trends, not only
to improve the appearance but also to increase sales through
creative graphic design that attracts young people. This research
uses a qualitative method with a case study approach to Sambal
Si Nona MSMEs. The results showed that redesigning the logo by
following the latest design trends can improve visual appeal and
brand recognition.

Di era bisnis yang sangat kompetitif saat ini, logo merupakan aspek
penting dari pembentukan identitas merek yang kuat, menciptakan
daya tarik visual, dan menyampaikan nilai-nilai merek kepada
pelanggan. Salah satu masalah umum yang terjadi pada beberapa
UMKM adalah kurangnya daya tarik visual, sehingga produk sulit
bersaing di pasar yang penuh persaingan dan terlihat ketinggalan
zaman karena ketidakresponsifan terhadap tren desain grafis.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan Sambal Si Nona wajah
baru yang menarik sesuai dengan tren desain terbaru, tidak hanya
untuk meningkatkan tampilan tetapi juga untuk meningkatkan
penjualan melalui desain grafis kreatif yang menarik anak muda.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
studi kasus pada UMKM Sambal Si Nona. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perancangan ulang logo dengan mengikuti
tren desain terbaru dapat meningkatkan daya tarik visual dan
pengenalan merek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Anindita Budi Astuti, S.E., M.M. ; 2. Rezki Tanrere Gautama, M.Ds.
Uncontrolled Keywords: logo, brand identity, visual, MSMEs,logo, identitas merek, visual, UMKM
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 28 Feb 2025 04:12
Last Modified: 28 Feb 2025 04:12
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item
View Item