TANJUNG, JUNDILLAH ARKAN (2025) PERANCANGAN BUKU CERITA NABI MUSA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK TK PELANGI MEDAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Medan.
![PERANCANGAN BUKU CERITA NABI MUSA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK TK PELANGI MEDAN [thumbnail of PERANCANGAN BUKU CERITA NABI MUSA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK TK PELANGI MEDAN]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(PERANCANGAN BUKU CERITA NABI MUSA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK TK PELANGI MEDAN) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (405kB)
![PERANCANGAN BUKU CERITA NABI MUSA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK TK PELANGI MEDAN [thumbnail of PERANCANGAN BUKU CERITA NABI MUSA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK TK PELANGI MEDAN]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PERANCANGAN BUKU CERITA NABI MUSA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK TK PELANGI MEDAN (PRELIMINARY).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
ABSTRACT
This application is designed as a learning media tool for early childhood education, specifically for students at TK Pelangi Medan, by presenting the story of Prophet Musa in an engaging and interactive format. Currently, learning materials on religious stories at the kindergarten level are still conventional and less interactive. This application utilizes augmented reality technology, which can be accessed through smartphones to display 3D animations that depict key moments in the story of Prophet Musa, such as the event of parting the Red Sea. The 3D visualization is complemented with narration, sound, and animations that enhance children's understanding and learning interest. Research shows that the use of augmented reality media in storytelling helps children recognize religious values and increases their motivation to learn through a fun and immersive experience.
Keywords:Augmented Reality, Learning Media Early Childhood Education, Animation
ABSTRAK
Aplikasi ini dirancang sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini, khususnya siswa TK Pelangi Medan, dengan menyajikan cerita Nabi Musa dalam format yang menarik dan interaktif. Saat ini, materi pembelajaran mengenai kisah keagamaan di tingkat taman kanak-kanak masih bersifat konvensional dan kurang interaktif. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi Augmented Reality yang dapat diakses melalui smartphone untuk menampilkan animasi 3D dari momen penting dalam kisah Nabi Musa, seperti peristiwa membelah Laut Merah. Visualisasi 3D ini dilengkapi dengan narasi, suara, dan animasi yang membantu meningkatkan pemahaman anak serta minat mereka dalam belajar. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Augmented Reality dalam bercerita membantu anak mengenal nilai-nilai keagamaan dan meningkatkan motivasi belajar melalui pengalaman yang menyenangkan dan imersif.
Kata kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Animasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Komda Saharja, S.Kom.,M.Pd sebagai dosen pembimbing 1 2. Fitri Evita, S.E., S.Pd., M.Sn sebagai pembimbing 2 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords:Augmented Reality, Learning Media Early Childhood Education, Animation Kata kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Animasi |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Medan |
Depositing User: | Jundillah Arkan Tanjung |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 01:39 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 01:39 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3025 |