Nainggolan, Ayu Miranda (2025) PEMBUATAN GAME KARTU EDUKASI INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 UPT SD NEGERI 165 BANUAREA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN GAME KARTU EDUKASI INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 UPT SD NEGERI 165 BANUAREA [thumbnail of PEMBUATAN GAME KARTU EDUKASI INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 UPT SD NEGERI 165 BANUAREA]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Preliminary_2290473045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (840kB)
Abstract
This card game aims to develop an interactive educational card game to increase the interest and understanding of grade 1 UPT SD Negeri 165 Banuarea students in learning Math. Education has an important role in developing students' competencies, but learning math is often considered difficult and boring. This research identifies the problem of the lack of interesting and interactive learning methods, as well as the lack of student interest in learning Mathematics. Through an innovative approach utilizing technology, this card game is designed to make learning mathematics more interesting and fun. The results of this research are expected to help increase student learning motivation and make it easier for teachers to deliver learning materials. In this research, an interactive educational card game is designed using Canva application to teach basic Math concepts such as addition and subtraction. This card game uses interesting pictures and fruits to make learning more interactive. Thus, this research is expected to provide results that contribute positively to the learning process in elementary schools, increase student learning motivation, and improve the quality of mathematics education for grade 1 students.
Pembuatan game kartu ini bertujuan untuk mengembangkan game kartu edukasi interaktif guna meningkatkan minat dan pemahaman siswa kelas 1 UPT SD Negeri 165 Banuarea dalam belajar matematika. Peran penting pendidikan dalam mengembangkan kompetensi peserta didik, namun pembelajaran matematika sering dianggap sulit dan membosankan. Penelitian ini mengidentifikasi masalah kurangnya metode pembelajaran yang menarik dan interaktif, serta kurangnya minat siswa dalam belajar matematika. Melalui pendekatan yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi, game kartu ini dirancang untuk membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan meyenangkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan motivasi siswa dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Dalam penelitian ini, game kartu edukasi interaktif dirancang menggunakan aplikasi Canva untuk mengajarkan konsep dasar matematika seperti penjumlahan dan pengurangan. Game kartu ini menggunakan gambar dan buah-buahan yang menarik untuk membuat pembelajaran lebih interaktif. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberi hasil yang memberi konstribusi positif terhadap proses pembeajaran disekolah dasar, meningkatkan motivasi siswa, serta meningkatkan kualitas pendidikan Matematika bagi siswa kelas 1 UPT SD Negeri 165 Banuarea.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Faudunasokhi Telaumbanua, SE, MM., sebagai dosen Pembimbing I. Syafriandi, S.Pd, M.Sn., sebagai dosen pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Card Game, Educational Interactive, Math 1st Grade Students |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Medan |
Depositing User: | Ayu Miranda Nainggolan |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 08:05 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 08:05 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3056 |