Haidar, Muhammad (2025) PERANCANGAN ILUSTRASI KARTU INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN DENGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK-ANAK USIA 4-6 TAHUN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN ILUSTRASI KARTU INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN DENGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK-ANAK USIA 4-6 TAHUN [thumbnail of PERANCANGAN ILUSTRASI KARTU INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN DENGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK-ANAK USIA 4-6 TAHUN]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir - Muhammad Haidar Alif_2290442095 (Preliminary).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Animal Cards is an interactive card designed as a learning medium for early childhood education. By utilizing digital devices such as smartphones and the Web-AR.Studio platform, these cards provide an engaging and interactive learning experience for young children. Additionally, using smartphones enhances the educational use of these gadgets, especially since many children today already own or have access to their own devices. The cards feature various animal types, with each animal represented by two cards—one containing information such as fun facts and another with a scannable QR Code. By scanning the QR Code on the card using a smartphone camera, the device automatically detects the code and opens a link to the Web-AR.Studio platforms, displaying a 3D object of the animal. This learning approach is expected to improve the educational methods for children at Raudhatul Athfal (RA) Nurul Hidayah, making learning more engaging, enjoyable, and effective.
Animal Cards adalah sebuah kartu interaktif yang dibuat sebagai media pembelajaran untuk anak-anak di usia dini. Dengan memanfaatkan penggunaan perangkat digital seperti smartphone dan platform Web-AR.Studio, kartu ini bisa menjadi media pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi anak-anak di usia dini. Selain itu, dengan menggunakan smartphone, hal ini dapat lebih
memanfaatkan penggunaan gadget tersebut, yang mana saat ini sudah banyak anak-anak yang sudah memegang bahkan memiliki smartphone mereka sendiri. Kartu ini akan menampilkan berbagai jenis hewan, dan masing-masing hewan akan memiliki dua kartu, satu kartu berisi penjelasan seperti fakta menarik, dan satu lagi berisi kode QR yang bisa dipindai. Dengan memindai kode QR yang terdapat pada kartu melalui kamera smartphone, perangkat tersebut akan secara otomatis mendeteksi kode QR tersebut lalu membuka tautan menuju platform Web-AR.Studio, yang akan menampilkan objek 3D dari hewan tersebut. Dengan pendekatan pembelajaran seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan metode pendidikan anak-anak di Raudhatul Athfal (RA) Nurul Hidayah, sehingga menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Tri Fajar Yurmama Supiyanti, S.Kom., M.T. sebagai Dosen Pembimbing I 2. Lani Siti Noor Aisyah, S.Ds., M.Ds. sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Illustration, Augmented Reality, Interactive Cards, Animals, Children Aged 4-6 Years Ilustrasi, Realitas Berimbuh, Kartu Interaktif, Hewan, Anak Usia 4-6 Tahun |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Muhammad Haidar Alif |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 08:15 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 08:15 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3066 |