SAVITRI, NILAM (2024) PERANCANGAN MOTION GRAPHIC PENGENALAN ALFABET, ANGKA, DAN WARNA UNTUK TK-KARTIKA VIII-5. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN MOTION GRAPHIC PENGENALAN ALFABET, ANGKA, DAN WARNA UNTUK TK-KARTIKA VIII-5 [thumbnail of PERANCANGAN MOTION GRAPHIC PENGENALAN ALFABET, ANGKA, DAN WARNA UNTUK TK-KARTIKA VIII-5]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2024_C_24_Nilam Savitri_Laporan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (9MB)
Abstract
Early childhood learning is an important part of child development in
accordance with Law No. 20 of 2003 concerning the National Education System,
starting from birth to the age of six or eight years. The main discussion of this
final project is to create a Motion Graphic Design for the Introduction of
Alphabet, Numbers, and Colors for Kindergarten-Kartika VIII-5. The research
method I use is Research and Development which shows that Kartika VIII-5
Kindergarten, which has been established since 2004, still does not use learning
videos in the form of motion graphics and still lacks adequate promotional
media. Therefore, the use of motion graphics in making learning videos will be
effective for TK-Kartika VIII-5. Designing motion graphic media and
promotional media for Kartika VIII-5 Kindergarten to provide alternative
promotional media to make it easier for people to recognize Kartika VIII-5
Kindergarten. Which is expected to be useful for TK-Kartika VIII-5 in
understanding how technology can be optimized in learning, and promotional
media to expand its network.
Pembelajaran anak usia dini adalah bagian penting dari pembinaan anak sesuai
dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, dimulai sejak lahir hingga usia enam atau delapan tahun. Pembahasan
utama dari tugas akhir ini adalah membuat Perancangan Motion Graphic
Pengenalan Alfabet, Angka, dan Warna untuk TK-Kartika VIII-5. Metode
penelitian yang saya pakai ialah Riset dan Development yang dimana
menunjukkan bahwa Taman Kanak-kanak Kartika VIII-5, yang sudah berdiri
sejak tahun 2004, masih belum menggunakan video pembelajaran dalam bentuk
motion graphic dan masih kurang memiliki media promosi yang memadai.
Maka dari itu, penggunaan motion graphic dalam membuat video pembelajaran
akan efektif untuk TK-Kartika VIII-5. Perancangan media motion graphic dan
media promosi kepada Taman Kanak-Kanak Kartika VIII-5 untuk memberikan
alternatif media promosi sehingga memudahkan masyarakat mengenal Taman
Kanak-Kanak Kartika VIII-5. Yang diharapkan dapat bermanfaat bagi TK Kartika VIII-5 dalam memahami bagaimana teknologi dapat dioptimalkan
dalam pembelajaran, dan media promosi untuk memperluas jaringannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Dayu Sri Herti, S.Pd., M.Sn. ; 2. Budi Utomo, M. I.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Alphabet, Number, Color, Learning, Motion Graphic ,Alfabet, Angka, Warna, Pembelajaran, motion graphic |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 04:17 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 04:17 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/309 |