PERANCANGAN MEDIA BOARDGAME KISAH MENARIK PARA NABI UNTUK PAUD AL-HIDAYAH

Putra, Muhammad Ferdiansyah (2024) PERANCANGAN MEDIA BOARDGAME KISAH MENARIK PARA NABI UNTUK PAUD AL-HIDAYAH. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN MEDIA BOARDGAME KISAH MENARIK  PARA NABI UNTUK PAUD AL-HIDAYAH] Text (PERANCANGAN MEDIA BOARDGAME KISAH MENARIK PARA NABI UNTUK PAUD AL-HIDAYAH)
TA2024_B_19_MUHAMMAD FERDIANSYAH PUTRA_NASKAH LAPORAN TUGAS AKHIR.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (944kB)

Abstract

Early Childhood Education (PAUD) is crucial for children's holistic
development, laying the foundation for their physical, emotional, social, and
cognitive growth. In Islamic education, PAUD plays a significant role in
instilling moral values and religious understanding from an early age. However,
PAUD Al-Hidayah faces challenges in making religious stories engaging for
young children. This study aims to design an educational board game based on
the stories of the prophets to make learning about Islamic values enjoyable and
effective. The board game includes a game board, story cards, and character
tokens, with the design process involving initial sketching, digital rendering, and
testing with students.
The board game integrates play and education, featuring key events from
prophets' stories and enhancing engagement through narratives and character
tokens. This innovative tool makes learning enjoyable and effectively transmits
moral and religious values to young children. PAUD Al-Hidayah should
incorporate the board game into its curriculum and train teachers on its use.
Further development should gather feedback, refine the game, and explore
digital versions, with collaboration from educational professionals and board
game designers to enhance its impact.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk perkembangan
holistik anak, meletakkan dasar bagi pertumbuhan fisik, emosional, sosial, dan
kognitif mereka. Dalam pendidikan Islam, PAUD berperan signifikan dalam
menanamkan nilai-nilai moral dan pemahaman agama sejak dini. Namun, PAUD
Al-Hidayah menghadapi tantangan dalam membuat cerita agama menarik bagi
anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang board game edukatif
berdasarkan kisah para nabi agar pembelajaran nilai-nilai Islam menjadi
menyenangkan dan efektif. Board game ini mencakup papan permainan, kartu
cerita, dan pion karakter, dengan proses desain yang melibatkan sketsa awal,
rendering digital, dan pengujian dengan siswa.
Board game ini mengintegrasikan permainan dan pendidikan,
menampilkan peristiwa penting dari kisah para nabi dan meningkatkan
keterlibatan melalui narasi dan pion karakter. Alat inovatif ini membuat
pembelajaran menjadi menyenangkan dan efektif dalam menyampaikan nilai�nilai moral dan agama kepada anak-anak. PAUD Al-Hidayah sebaiknya
mengintegrasikan board game ini ke dalam kurikulum dan melatih guru tentang
penggunaannya. Pengembangan lebih lanjut harus mengumpulkan umpan balik,
menyempurnakan permainan, dan mengeksplorasi versi digital, dengan
kolaborasi dari profesional pendidikan dan desainer board game untuk
meningkatkan dampaknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Zainul Hakim, S.Ag., M.Pd.I. ; 2. Citrani E. L. Nur, S.Sn., M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Early Childhood Education, Board Game, Rasul Ulul Azmi, Interactive Learning, Educational Media, religious stories,Pendidikan Anak Usia Dini, Board Game, Rasul Ulul Azmi, Pembelajaran Interaktif, Media Edukasi, cerita agama.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 28 Feb 2025 04:21
Last Modified: 28 Feb 2025 04:21
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item
View Item